Selama Ramadhan, SMPN 43 Perkuat Akidah

Selama Ramadhan, SMPN 43 Perkuat Akidah

Selama Ramadhan, SMPN 43 Perkuat Akidah --

PENDIDIKAN, RADARMUKOMUKO.COMSMPN 43 Mukomuko berada di Desa Selagan Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko. Selama bulan suci Ramadhan, selain menggelar kegiatan akademik, dan juga kegiatan non akademik. Sesuai ketentuan dalam edaran dari kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko, dimana untuk kelas VII dan VIII melaksanakan belajar di kelas tanggal 27 hingga 29 Maret 2023. Adapun untuk kelas IX mengikuti penilaian akhir semester genap. Sisa hari efektif berikutnya digunakan untuk kegiatan nonakademik berupa pesantren Ramadhan. Adapun materi yang dipilih meliputi akidah, fikih puasa, praktek wudhu, tayamum, salat berjamaah untuk makmum yang masbuq, dan tahsin al quran.

Kepala SMP N 43 Mukomuko, Kusnin, S.Pd., M.TPd mengatakan, mengisi kegiatan pada pekan efektif bulan Ramadhan 1444 H tahun 2023 M para guru dan siswa SMP Negeri 43 Mukomuko menggelar beberapa kegiatan akademik dan nonakademik. Sebelumnya dalam rapat dinas yang dilaksanakan oleh kepala sekolah, dewan guru dan staf tata usaha disepakati bahwa untuk kegiatan akademik digunakan untuk pembelajaran. Adapun pemateri yang mengasuh para siswa selama kegiatan berasal dari para guru yang ada, tidak mengundang pemateri dari luar.

BACA JUGA:Negara Ini yang Menjadi Kandidat Kuat Menggantikan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

“Kami sengaja memilih materi yang dinilai sangat perlu untuk para siswa, mengingat sering terjadi kekeliruan dalam pelaksanaan praktek ibadah, terutama wudhu, tayamum, dan makmum masbuq,” Jelas Kusnin.

Selain itu, untuk mengisi waktu libur menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H, sekolah mengambil kebijakan melalui rapat dinas bahwa selama pekan pertama bulan April siswa kelas VII dan VIII mengerjakan tugas terstruktur yang akan dikirim oleh setiap guru mata pelajaran sesuai jadwal yang sudah ditentukan. 

BACA JUGA:Masih Percaya Mitos Ini? Mimpi Menjadi Pengantin Pertanda Buruk? Begini Penjelasannya!

“Rencananya nanti dalam satu hari ada 2 tugas dari mata pelajaran yang harus dikerjakan oleh siswa, dikumpulkan via WA kepada guru mata pelajaran paling lambat pukul 17.00 WIB,” tambah Kusnisn.

Masih Kusnin tugas yang diberikan kepada siswa dimaksudkan agar siswa belajar mengatur waktu untuk kegiatan yang positif selain aktivitas di rumah masing-masing. Lebih lanjut kepala sekolah yang hampir satu tahun bertugas di SMPN 43 itu menambahkan bahwa untuk siswa kelas IX juga mengerjakan tugas praktikum yang diberikan oleh setiap guru mata pelajaran.

BACA JUGA:Peduli Kaum Duafa, Kapolsek Teras Terunjam Bagi-bagi Sembako

“Rekan-rekan guru sudah mempersiapkan tugas sesuai KI-4 yang dipilih untuk praktikum, dikumpulkan dalam bentuk video atau format lain yang sesuai, dalam hal ini siswa diberi keleluasaan untuk berkolaborasi dengan sesama temannya, nilainya nanti akan digabungkan dengan nilai ujian tertulis yang akan dijadikan Nilai Ujian Sekolah,” pungkasnya saat berkomunikasi dengan wartawan Radar Mukomuko.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: