Semua Desa di Kecamatan Sungai Rumbai Maksimalkan Serapan Anggaran Tahap I

Semua Desa di Kecamatan Sungai Rumbai Maksimalkan Serapan Anggaran Tahap I

Semua Desa di Kecamatan Sungai Rumbai Maksimalkan Serapan Anggaran Tahap I-Dok-radarmukomuko.com

SUNGAI RUMBAI, RADARMUKOMUKO.COM - Semua desa di wilayah Kecamatan Sungai Rumbai, terus berupaya memaksimalkan serapan Dana desa (DD) tahap I Tahun Anggaran (TA) 2023. Sejauh ini masing-masing desa di kecamatan itu sudah mulai merealisasikan kegiatan yang bersumber dari DD tahap I. Baik kegiatan fisik, maupun kegiatan pemberdayaan dan kegiatan pelatihan lainnya. Saat ini sudah ada desa yang menuntaskan kegiatan fisik. Yaitu desa Gading Jaya. Sementara untuk desa lainnya masih dalam proses.

BACA JUGA:Jalan Sudah Rusak Parah Tak Kunjung Diperbaiki, 2 Desa Ini Mengeluh

Saat dihubungi, Camat Sungai Rumbai, Rudi Hartono, SH mengatakan, pihaknya dari kecamatan sangat mengapresiasi kinerja jajaran Pemdes di wilayah Kecamatan Sungai Rumbai ini. Karena semua desa berlomba dalam percepatan realisasi anggaran dan memaksimalkan serapan anggaran tahap I.

"Ya, semua desa kita sudah melakukan percepatan. Kita dari kecamatan terus mendorong, dan melakukan pembinaan kepada semua desa. Sehingga penggunaan DD yang mereka realisasikan ini sesuai dengan aturan dan regulasi. Dan tidak melenceng dan keluar dari regulasi," kata Rudi.

BACA JUGA:Changi Airport Kembali Dinobatkan Sebagai Bandara Terbaik di Dunia

Ditambahkan, selain merealisasikan kegiatan prioritas desa. Masing-masing desa juga diminta fokus merealisasikan program prioritas pusat. Seperti penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk kriteria kemiskinan ekstrim. Dan merealisasikan program ketahanan pangan yang bersumber dari DD 20 persen. Dan lain sebagainya.

"Bagi desa yang belum menyalurkan BLT-DD ini. Kendalanya masih menunggu regulasi terkait dengan jumlah BLT-DD di bawah 10 persen. Karena beberapa desa ada yang jumlah penerima BLT-DD di bawah 10 persen. Desa yang jumlah penerima BLT-DD 10 persen dan lebih. Sekarang sudah menyalurkan BLT-DD. Sementara program ketahanan pangan ada yang ditahap I dan ada yang ditahap II," tutupnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: