SDIT Nurul ‘Ilmi Tanamkan Budi Pekerti Melalui Kegiatan Pramuka

SDIT Nurul ‘Ilmi Tanamkan Budi Pekerti Melalui Kegiatan Pramuka

SDIT Nurul ‘Ilmi Tanamkan Budi Pekerti Melalui Kegiatan Pramuka --

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Gerakan Pramuka Gugus Dakwah Terdepan 13.445  - 13.446 SDIT Nurul 'Ilmi Lubuk Pinang, menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) pada Sabtu hingga Minggu, 4-5 Februari 2023. Kegiatan tersebut terpusat di lingkungan SDIT Nurul ‘Ilmi dan diikuti 80 siswa kelas 4 sampai dengan kelas 6. 

Hal ini disampaikan Kepala SDIT Nurul ‘Ilmi Lubuk Pinang, Didit Prasetyo, SPd pada Senin, 6 Februari 2023. 

Didit juga menyampaikan, gerakan Pramuka adalah pendidikan kepramukaan bagi kaum muda, guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, mampu bertanggung jawab dan mampu membina dan membangun negeri ini sebagai penerus generasi selanjutnya.

BACA JUGA:Tabligh Akbar Isra Mi’raj 1444 H di Selagan Raya Hadirkan Putra Sulung Zainuddin MZ

BACA JUGA:Beredar Info, Honorer Pokir Sudah di-SK, Awasi Jangan Kecolongan

Dalam mencapai tujuannya, antara lain dalam upaya mendidik dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman melalui berbagai kegiatan.

‘’Untuk hal tersebut, perlu memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan bagi para anggota Pramuka, dalam upaya pembentukan watak dan mental menjadi manusia yang berkepribadian dan berjiwa Pancasila,’’ ungkap Didit.

Khusus untuk mengisi kegiatan Persami kali ini, kata Didit,  juga dilaksanakan hiking, sebagai sarana meningkatkan kepekaan antara sesama dan alam sekitar. Kemudian, upacara api unggun, lomba antar regu yang tujuannya untuk meningkatkan kerjasama, sikap peduli terhadap teman, percaya diri dan mendapatkan kesan edukasi tentang Pramuka.   

BACA JUGA:Harlah 1 Abad NU, Bupati Mukomuko Sampaikan Pesan Khusus

BACA JUGA:Maksimalkan Serapan Anggaran 2023

‘’Lomba antar regu ini untuk menanamkan rasa sejiwa dan kerjasama tim. Ada lomba yel-yel, lomba PBB, lomba kerapian tenda dan lomba masak nasi goreng,’’ imbuhnya. 

Selain itu, selama melaksanakan kegiatan Persami, semua peserta tetap  wajib menunaikan ibadah sholat wajib berjamaan. Bahkan, kata Didit, pada malam api unggun turut dihadiri Pemerintah Desa Ranah Karya, Pembina Yayasan Nurul Ilmi Centre, Ketua Yayasan Nurul Ilmi Centre, orang tua murid kelas 4, 5 & 6 SDIT Nurul Ilmi.

‘’Melalui kegiatan Persami akan terbentuk  nilai-nilai agamais, cinta tanah air, sopan santun, disiplin waktu dan patuh pada guru serta orangtua,’’ demikian Didit. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: