Kades Lubuk Sanai Ajak Warga Hijaukan Perkarangan Dengan Sayur

Kades Lubuk Sanai Ajak Warga Hijaukan Perkarangan Dengan Sayur

Kades Lubuk Sanai Ajak Warga Hijaukan Perkarangan Dengan Sayur--

XIV KOTO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Desa Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto, mengajak warga desa setempat hijaukan pekarangan dengan menanam sayur dan tanaman obat.

Karena pemanfaatan lahan kosong atau pekarangan untuk menanam kebutuhan sehari-hari sama halnya dengan mendekatkan pasar tradisional dengan tempat tinggal.

Seperti yang disampaikan Kades, Mutriadi, pemerintah desa mengajak warga desa memanfaatkan perkarangan untuk menanam sayur sebagai upaya mendukung ketahanan pangan desa.

BACA JUGA:Mulut Kering Bisa Jadi Ada Tanda Ini Dari Tubuhmu

‘’Apabila ketahanan pangan di lingkungan keluarga kuat, maka secara tidak langsung berimplikasi pada tercapainya ketahanan pangan suatu daerah. Untuk itu kita ajak warga menghijaukan lahan pekarangan mereka dengan menanam kebutuhan keluarga, seperti sayuran dan tanaman obat,’’ kata Mutriadi saat ditemui di lokasi kebun sayur milik pemerintah desa, Senin (16/1)

Lanjutnya, hal itu dilakukan agar warga desa setiap harinya bisa mengkonsumsi sayuran serta obat tradisional tanpa harus ke pasar.

Saat ini warga bisa mencontoh kebun sayur milik pemerintah desa yang ada di samping kantor desa. Desa yang berada di pinggir Jalan Lintas Barat (Jalinbar) sumatera penghubung Bengkulu-Padang, saat ini mendorong program pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA:Ternyata Jenis Sepatu Bisa Mempengaruhi Kesehatan Kaki Lho!

Terutama kaum ibu-ibu atau ibu rumah tangga (IRT) dalam memanfaatkan lahan kosong di sekitar perkarangan rumahnya. Menurutnya, hasil dari pemanfaatan lahan kosong juga dapat bernilai ekonomi.

‘’Setidaknya kalua tidak dijual, kita tidak membeli karena sudah tersedia. Makanya tahun ini, kita juga fokus kepada pemberdayaan, salah satunya seperti ini, kita dorong masyarakat sekaligus memberdayakan ibu-ibu rumah tangga,’’ ujar Mutriadi.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: