Keren! Modal Segini Desa Air Berau Sukses Budidaya Ayam Petelur Hasilnya Bikin Melongo

Keren! Modal Segini Desa Air Berau Sukses Budidaya Ayam Petelur Hasilnya Bikin Melongo

Kades Air Berau, April dan Kadis PMD Kabupaten Mukomuko saat meninjau langsung program budidaya ayam petelur milik Desa Air Berau-IST-

RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa Air Berau Kecamatan Pondok Suguh Mukomuko Provinsi Bengkulu, sukses budidayakan ayam petelur. Program ini bisa menjadi percontohan untuk desa lainnya.

Diketahui, program budidaya ayam petelur yang direalisasikan Pemdes Air Berau itu adalah kegiatan ketahanan pangan yang bersumber dari Dana Desa (DD) 20 persen Tahun Anggaran (TA) 2022. 

BACA JUGA:Ini Makam Daeng Maleini Istri Putra Raja Indrapura, Moyang Suku Gersik di Mukomuko

Diketahui, anggaran program budidaya ayam petelur Desa Air Berau ini sangat minim. Namun, masyarakat mau ikut berswadaya membuat kandang ayam. Sehingga anggaran untuk pembuatan kandang ayam tidak menelan anggaran begitu besar.  

Kepala Desa (Kades) Air Berau, April mengatakan, jumlah pengadaan indukan ayam petelur hanya sebanyak 500 ekor. 

BACA JUGA:Pencuri Terekam CCTV Diburu Polisi, Ciri-ciri Sudah Diketahui Korban, Tapi Takut Salah Tuduh

"Sesuai dengan jumlah anggaran yang ada. Kita hanya membeli indukan ayam petelur sebanyak 500 ekor. Dan mati sekota 10 ekor," kata Kades Air Berau, April.

"Dari jumlah bibit itu, sekarang kita panen per hari 10 hingga 14 karpet," tambahnya.

BACA JUGA:Anak SD Korban Lato-lato Terpaksa Operasi Mata, Pemkab Larang Mainkan Lato-lato di Sekolah

Program budidaya ayam petelur itu sudah mulai dipanen sejak 3 bulan terakhir, hasil panen tahap pertama langsung dibagikan secara gratis kepada masyarakat Desa Air Berau. Setiap rumah tanpa pengecualian mendapat 10 butir.

"Selain dibagikan gratis, kita juga menjual telur ayam itu dengan harga diskon khusus untuk warga Desa Air Berau," imbuhnya.

BACA JUGA:Pipa PDAM Tersumbat Diduga Sengaja Disabotase Oknum, Air Kembali Mengalir ke Ribuan Pelanggan

Untuk kelompok pengelola program budidaya ayam petelur ini, pihaknya membentuk kelompok khusus. Dalam kelompok pengelola itu ada tukang pemeliharaan, tukang jaga, dan juga ada ibu-ibu yang bergerak di bidang penjualan, mereka siap melayani COD di wilayah Kecamatan Pondok Suguh sekitar.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: