Hadiri Forum Dukcapil, Bupati Mukomuko Harapkan Pelayanan Publik Bidang Adminduk Terus Ditingkatkan

Hadiri Forum Dukcapil, Bupati Mukomuko Harapkan Pelayanan Publik Bidang Adminduk Terus Ditingkatkan

--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten Mukomuko terus berupaya mendukung capaian target nasional dalam urusan administrasi kependudukan dan catatan sipil (Adminduk). Dengan demikian, Bupati Mukomuko meminta jajarannya terus meningkatkan kualitas pelayanan publik.  

Hal ini disampaikan Bupati pada pembukaan forum Disdukcapil kabupaten kota se Provinsi Bengkulu yang digelar di aula Bappelitbangda Kabupaten Mukomuko, Selasa, 29 November 2022. 

Bupati berharap, melalui kegiatan forum Dukcapil ini dapat membawa kemajuan dalam urusan pemerintahan bidang kependudukan dan catatan sipil. 

‘’Selamat datang kepada peserta yang hadir, semoga kegiatan ini membawa kemajuan bagi kita dan terus bersinergi dalam mewujudkan pelayanan administrasi kependudukan,’’ pinta Bupati. 

Forum Disdukcapil se Provinsi Bengkulu inti bertujuan untuk meningkatkan sinergitas, secara bersama mencapai maksud dan tujuan dalam peningkatan indikator kinerja bidang administrasi kependudukan. 

Pada kesempatan ini, Bupati mengungkapkan rasa syukurnya, atas pelayanan publik pada Disdukcapil Mukomuko selangkah lebih maju. Meski demikian, Bupati tetap berharap pelayanan publik terus ditingkatkan.  

‘’Alhamdulillah, saat ini pelayanan Dukcapil kita sudah selangkah lebih maju, dan kita harus bangga menjadi bagian besar dari bagian Sistem Adminduk,’’ ujarnya. 

Tidak kalah penting, Pemerintah Kabupaten Mukomuko berkomitmen kuat dalam mendukung program Adminduk Nasional, berupa program Satu Data Nasional. Menurut Bupati, komitmen ini bagian dari upaya peningkatan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam urusan kependudukan. 

Perlu diketahui, data kependudukan juga menjadi acuan pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di segala bidang. Untuk itu, update data harus diperhatikan. 

‘’Validasi dan update data kependudukan harus betul-betul diperhatikan, karena ini bagian dari dukungan dalam sistem perencanaan pembangunan, baik di tingkat pusat, provinsi maupun daerah,’’ ulasnya. 

Validasi dan update data kependudukan, Bupati juga telah memerintahkan Disdukcapil Mukomuko untuk melaksanakan pelayanan dengan cara turun langsung ke desa. Bahkan bupati menginginkan pelayanan Dukcapil dapat dimaksimalkan dan menjangkau seluruh desa di wilayah Kabupaten Mukomuko. 

‘’Dengan sistem jemput bola ini, dengan harapan seluruh masyarakat kita terlayani. Kedepan, juga akan ada kerjsama dengan pihak rumah sakit, begitu bayi lahir di rumah sakit langsung bisa mendapatkan KIA (Kartu Indentitas Anak,’’ paparnya. 

Kadis Dukcapil Mukomuko, Epin Masyuardi ketika dikonfirmasi, mengungkapkan kegiatan forum Dukcapil se Provinsi bagian dari upaya untuk meningkatkan sinergitas dalam urusan kependudukan dan catatan sipil di Provinsi Bengkulu. 

Informasi dan sistem kerja yang terserap pada kegiatan ini bagian dari bahan evaluasi bagi masing-masing daerah, khususnya dalam urusan Adminduk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: