Pawai Karnaval HUT ke-39 Sekolah dan HGN ke-77 Gelaran SMPN 03 Mukomuko Meriah

Pawai Karnaval HUT ke-39 Sekolah dan HGN ke-77 Gelaran SMPN 03 Mukomuko Meriah

--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM - Gelaran pawai karnaval dalam rangka merayakan HUT ke-39 SMPN 03 Mukomuko, Hari Guru Nasional ke-77 dan Hari Pahlawan Nasional tahun 2022 oleh SMPN 03 Mukomuko, Kamis, 24 November 2022 berlangsung meriah. Dihadiri ratusan siswa dan dewan guru. 

Pantauan di lapangan, star pawai dari SMPN 03 Mukomuko, sekitar pukul 08.15 WIB. Dengan dikawal ketat 13 personel Satlantas Polres, peserta pawai long march dengan berjalan kaki. 

Rute tempuh, Jalan Sultan Gelumat, Sultan Gendamsyah menuju Jalan Soekarno Hatta arah perempatan lampu merah SPBU Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko. Di simpang SPBU, peserta belok kiri dan kembali ke titik kumpul SMPN 03 Mukomuko via Sultan Gendamsyah.

Pawai karnaval gelaran SMPN 03 Mukomuko, terbilang keren dan menjunjung tinggi nilai kearifan lokal dan rasa kebhinekaan. Hal ini dapat dilihat dari keanekaragaman kostum peserta. Dengan keberagaman pakaian adat dan budaya nusantara.

Tak kalah penting, barisan panjang peserta pawai juga diramaikan musik drum band dari siswa-siswi SMPN 03 Mukomuko. 

Kepala SMPN 03 Mukomuko, Ismardiani, M.TPd ketika ditemui, menyampaikan bahwa pagelaran pawai karnaval tahun ini untuk memperingati tiga momen bersejarah. Pertama, merasakan HUT ke-39 SMPN 03 Mukomuko. Kemudian dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan Hari Pahlawan Nasional tahun 2022. 

‘’Pawai karnaval ini untuk tiga momen sekaligus. Peserta sekitar 400 orang siswa dan dewan guru. Masing-masing peserta mengedepankan nilai adat dan budaya daerah. Tujuannya, untuk menambah wawasan pengetahuan tentang keberagaman adat dan budaya daerah. Kemudian juga untuk melatih kreativitas siswa,’’ ungkap Ismardiani.

Selain itu, kegiatan ini juga bagian dari motivasi siswa untuk menjunjung tinggi rasa kebhinekaan, menjaga persatuan dan kesatuan serta menumbuhkan jiwa nasionalisme. 

‘’Disamping membangun jiwa yang kreatif, inovatif. Juga menjungjung tinggi nilai kebhinekaan,’’ imbuhnya. 

Pembina OSIS SMPN 03 Mukomuko, Haryoni menambahkan, kegiatan pawai karnaval ini dilaksanakan untuk memperingati 3 momen, puncaknya akan digelar pada Jum’at, 25 November 2022. 

‘’Dari tiga momen peting, dikemas dalam satu kegiatan. Besok (Jum’at), acara puncak, sekaligus upacara bendera HGN ke-77,’’ demikian Haryoni. (nek) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: