Sejarah Hari Ayah Nasional 12 November dan Kata-kata Ucapan untuk Ayah

Sejarah Hari Ayah Nasional 12 November dan Kata-kata Ucapan untuk Ayah

Ilustrasi Hari Ayah Nasional 2022--

RADARMUKOMUKO.COM - Dikutip dari laman PPA.go.id, Sejarah Hari Ayah Nasional 12 November pertama kali diprakarsai oleh paguyuban Satu Hati, Lintas Agama dan Budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Pada tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo. Dalam acara itu diadakan sayembara menulis surat untuk ibu.

Acara tersebut mendapatkan sambutan cukup baik dari para peserta. Ada sekitar 70 surat yang ditulis hingga disatukan dalam satu buku.

Seusai acara, penyelenggara dikejutkan dengan adanya pertanyaan dari para peserta, "Kapan diadakan sayembara menulis surat untuk ayah? Kapan peringatan hari ayah? Kami pasti ikut lagi."

Dari pertanyaan tersevut, PPIP kemudian berusaha menggali dan mencari informasi mengenai hari ayah dan kapan hari ayah diperingati secara nasional. Mereka hingga melakukan audiensi dengan DPRD Kota Surakarta.

Mereka menanyakan apakah sudah ada hari ayah yang diperingati secara nasional? Jika belum, bolehkan seseorang atau lembaga menetapkan sebuah hari untuk memperingati hari ayah?

Setelah melalui kajian yang cukup panjang, PPIP pun menggelar deklarasi Hari Ayah Nasional pada tanggal 12 November. Tanggal tersebut dipilih bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional. Peringatan Hari Ayah Nasional tersebut mengambil semboyan "Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya".

Bersamaan dengan itu, deklarasi Hari Ayah juga diadakan di Maumere, Flores, NTT.

Dalam deklarasi tersebut juga diluncurkan buku "Kenangan untuk Ayah". Buku tersebut berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari sayembara menulis surat untuk Ayah.

Setelah deklarasi tersebut, mereka kemudian mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan kepada bupatti dari 4 penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.

Sejak itulah akhirnya ditetapkan 12 November sebagai peringatan Hari Ayah Nasional.

Dalam rangka peringatan Hari Ayah Nasional 2022 maka persiapkan kata-kata untuk ayah,

Di Hari Ayah Nasional 2022 dapat dikatakan dengan momen spesial dan romantis untuk mengungkapkan rasa sayang anak terhadap ayahnya.

Berikut 10 kata-kata yang bisa digunakan untuk ucapan Hari Ayah Nasional : 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: