Agung Jaya Ikut Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi

Agung Jaya Ikut Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi

--

Hartono : Wisata Pangonan Siap Bersaing

RADARMUKOMUKO.COM - Wisata Pangonan merupakan destinasi wisata baru di Kabupaten Mukomuko. Wisata Pangonan ini sendiri terletak di Desa Agung Jaya, Kecamatan Air Manjuto, yang baru dikembangkan oleh pemerintah desa sejak tiga bulan terakhir. Wisata yang menyajikan panorama alam pertanian persawahan ini langsung dilirik oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Mukomuko, untuk mengikuti lomba desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu.

''Meskipun wisatanya baru, kita tetap optimis Desa Agung Jaya bisa juara tingkat provinsi. Dan kita juga tetap yakin Wisata Pangonan ini sudah siap bersaing dengan wisata dari daerah lainnya,'' ujar Hartono, Kades Agung Jaya.

Dijelaskannya juga, Wisata Pangonan ini merupakan wisata yang bernuansa Agrowisata. Dimana para pengunjung wisata Pangonan bisa menikmati keindahan alam berupa pertanian persawahan dan perkebunan lainnya. Jadi, kata Hartono, selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat merasakan hasil pertanian. Selain itu, orang dewasa maupun anak-anak akan mendapatkan pengetahuan seputar aktivitas pertanian dan perkebunan. 

''Untuk saat ini saja sudah banyak masyarakat yang berkunjung ke Wisata Pangonan. Wisata ini terus kita kembangkan dengan menambahkan sarana pendukung sesuai dengan master plannya,'' ungkap Hartono.

Sementara itu, Kepala Disparpora Mukomuko, Agus Harvinda, ST,MT melalui Kabid Pariwisata, Rizkan, SE mengatakan, ada enam desa perwakilan Kabupaten Mukomuko lomba wisata tingkat Provinsi Bengkulu. Diantaranya, Desa Air Rami, Arga Jaya, Pulau Baru, Teluk Bakung, Air Dikit dan Desa Agung Jaya. Dari enam desa yang diutuskan, ada satu desa yang dinilai berpotensi menjadi juara, yakni Wisata Pangonan Desa Agung Jaya, Kecamatan Air Manjuto. Karena pengembangan wisata Pangonan ini termasuk Agrowisata, seperti yang dianjurkan pemerintah pusat.

''Kalau dilihat dari masterplan pengembangan wisata Pangonan ini termasuk Agrowisata. Dari enam desa ini, Agung Jaya yang lebih potensial ke Agrowisata. Mudah-mudahan saja ada desa dari daerah kita yang juara. Besok (Hari ini, red) berkas lomba desa wisata ini di antar ke panitia lomba desa wisata tingkat provinsi,'' tutup Rizkan. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: