Pisang Misterius Tumbuh di Sungai Ipuh

Pisang Misterius Tumbuh di Sungai Ipuh

UNIK: Kasi Pemerintahan dan Desa, Kecamatan Selagan Raya, Sudirman, mengabadikan pohon pisang unik yang tumbuh di Desa Sungai Ipuh.-IST/RM-

RADARMUKOMUKO.COM – Pisang unik tumbuh di Desa Sungai Ipuh, Kecamatan Selagan Raya. Tepatnya di halaman rumah Kidin, yang berjarak kurang dari 100 meter dari kantor Camat Selagan Raya. Keunikannya adalah, pohon pisang tersebut mengeluarkan buah yang sangat banyak. Panjang tandan pisang saat ini sekitar 2,5 meter. Dan besar kemungkinan akan terus bertambah. Jumlah sisir pisang mencapai puluhan. Hal tersebut berbeda dengan tandan pisang pada umumnya, yang berkisar antara 10-15 sisir saja. Warga setempat menyebutnya sebagai pisang ‘Nyang’ dan bisa digunakan untuk obat. Pisang jenis ini, tumbuh dan hilang dengan sendirinya. Tanpa ditanam. Sebagaimana disampaikan oleh Kades Sungai Ipuh, Burzan.

Dihubungi wartawan koran ini, Burzan, mengatakan di desanya sedang heboh adanya pisang aneh ini. Banyak warga yang sengaja datang, untuk mendokumentasikan melalui kamera HP. Namun demikian, Burzan mengaku belum melihat secara langsung. Ia juga menyampaikan pisang jenis ini tidak bisa dimakan. Selain ukurannya kecil, didalamnya terdapat banyak biji.

‘’Pisang jenis ini disebut pisang ‘Nyang’ oleh warga. Biasanya tumbuh dan hilang dengan sendirinya’’ jelas Burzan.

Burzan juga menyampaikan, sekitar 1 tahun yang lalu, di halaman rumahnya juga tumbuh pisang jenis ini. Tumbuh, berbuah dan hilang dengan sendirinya. Biasanya pisang jenis ini tidak memiliki anak. Berdasarkan pengalaman itulah, ia tahu secara detail pisang ini. 

‘’Pisang jenis ini pernah tumbuh di halaman rumah saya. Tapi sekarang sudah hilang,’’ tambah Burzan.

Kasi Pemerintahan dan Desa, Kecamatan Selagan Raya, Sudirman, S.A.P membenarkan hal ini. Ia mengaku heran dengan pisang jenis ini. Karena penasaran, ia bersama pegawai yang lain mendatangi lokasi. Untuk kenang-kenangan, mengambil beberapa foto. Melihat kondisi yang ada, pisang 7 sisir paling atas belum berisi. Sedangkan sisiran berikutnya terlihat sudah membesar. Tapi masih muda. Jantung pisang terlihat masih besar. Hal itu menandakan buah akan terus bertambah. Tinggi pohon pisang sekitar 3 meter. Tidak menutup kemungkinan, buah pisang akan terus bertambah hingga menyentuh tanah. Disampaikan Sudirman, disekitar pangkal pohon ini, terdapat beberapa batang pisang yang masih kecil. Tinggi sekitar 1 meter. Namun belum dipastikan apakah anakkan dari pohon pisang ini, atau tumbuh terpisah, tapi berdekatan.

‘’Ini pisang aneh. Buahnya banyak sekali. Saya sempat foto untuk kenangan-kenangan,’’ demikian Sudirman.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: