Camat XIV Koto Minta Pemdes Optimalkan Website Desa

Camat XIV Koto Minta Pemdes Optimalkan Website Desa

--

RADARMUKOMUKO.COM - Untuk meningkatkan fitur layanan serta memberikan informasi desa secara berkala dan berkelanjutan. Pemerintah Desa (Pemdes) diminta untuk mengoprtimalkan pengelolaan website desa. Hal ini disampaikan Camat XIV Koto, Azwardi, S.Sos, M.Kes, saat dikonfirmasi kemarin. Ini ia sampaikan mengingat masih banyak pemerintah desa yang dinilai belum optimalkan pengelolaan website desa. Padahal, pemerintah desa di wilayah ini menyoritas sudah memiliki website desa.

''Jika dilihat hanya beberapa desa saja yang aktif website desanya, salah satunya Desa Lubuk Sanai. Padahal dengan aktifnya website desa ini bisa meningkatkan fitur layanan melalui informasi yang disampaikan di website desa,'' ujar Azwardi.

Lanjutnya, sesuai amanat undang-undang nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Pemerintah Desa harus aktif meningkatkan teknologi informasi dengan memiliki Website Desa. Melalui penyampaian ini bisa menjadi salah satu upaya dalam mewujudkan desa yang berbasis digital di wilayah Kecamatan XIV Koto.

''Dalam menghadapi perkembangan era digita, Pemerintah Desa dituntut untuk bisa mengelola sistem informasi yang aktif. Sehingga terus update perkembangan desanya,'' kata Azwardi.

Sambungnya, agar semua desa di wilayah ini memiliki website desa dan aktif, pihaknya akan berupaya melakukan pelatihan atau bimbingan teknis. Sehingga perangkat desa yang mengelola website desa lebih paham terkait manajemen pengelolaan website desa. Sehingga website desa yang dikelola nantinya berjalan aktif dan berkelanjutan 

''Para kepala desa juga harus mengadakan kegiatan bimbingan teknis pengelolaan website. Nanti kita cari orang yang ahli dan kompeten di bidangnya, sehingga akan berdampak positif bagi kemajuan desa,'' tutup Azwardi. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: