Bakal Dibuka Jalan Baru?

Bakal Dibuka Jalan Baru?

--

Atasi Jalan Longsor Menuju Sendang Mulyo

RADARMUKOMUKO.COM – Jalan longsor penghubung antara Suka Maju dengan Sendang Mulyo, menjadi masalah serius. Berbagai kajian dilakukan oleh pemerintah. Mulai tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten. Perbaikan jalan dengan membersihkan material longsor serta pembuatan kembali jalan yang runtuh, dikaji dengan matang. Potensi longsor kembali pada waktu yang datang, juga diperhitungkan dengan matang. Juga dikaji untuk membuat jalan baru. Solusi kedua ini dipertimbangkan dengan serius dan dinilai lebih baik. Hal ini disampaikan oleh Camat Penarik, Evi Busmanja, S.Pd, M.Si, dalam acara arisan forum Kades, Kecamatan Penarik, Sabtu (24/9).

Dalam kata sambutannya, Evi Busmanja, menyampaikan, terkait jalan longsor di Desa Suka Maju, ia sudah melakukan rapat dengan wakil bupati, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Inti pembahasan adalah berbagai kemungkinan yang bisa dilakukan terkait jalan longsor. Keputusan sementara adalah membuat jalan baru. Calon lokasi juga sudah dipelajari secara mendalam. Jika itu terwujud, kondisi jalan akan lebih baik. Jalur yang akan dibuat lebih datar, dengan panjang sekitar 2 kilometer. Solusi ini akan ditawarkan kepada masyarakat. Pasalnya dibutuhkan hibah dari pemilik lahan yang akan dibuat jalan baru. Lebar jalan yang dibutuhkan minimal 5 atau 6 meter.

‘’Ada solusi yang kami tawarkan agar Sendang Mulyo, lebih mudah dijangkau dan terhindar dari longsor. Buka jalan baru. Tugas Kades, termasuk camat, meyakinkan kepada warga supaya mau menghibahkan lahan,’’ jelas Evi Busmanja.

Camat juga menyampaikan, jika proses hibah selesai, pekerjaan segera dilakukan. Jika memungkinkan, sebelum akhir tahun, jalan baru sudah dibuka. Pekerjaan direncanakan kerjasama dengan TNI, melalui program yang ada. Misalnya program karya Bhakti TNI atau TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Olah karena itu, gerak cepat perlu dilakukan. Pagi ini Senin (26/9) akan dilakukan rapat pertama. Rapat akan melibatkan 3 Kades. Masing-masing Suka Maju, Bukit Makmur dan Sendang Mulyo.

‘’Kita perlu gerak cepat, agar rencana ini bisa segera direalisasikan,’’ tambah Evi Busmanja.

Kades Suka Maju, Sutarto, menyampaikan, pembukaan jalan baru ini akan melibatkan banyak pemilik lahan. Sebagian besar warga Suka Maju, tapi ada juga warga Bukit Makmur maupun Sendang Mulyo. Ia mengaku setuju atas rencana pembukaan jalan baru ini. Namun demikian, ia tidak bisa memutuskan sendiri. 

‘’Saya sudah mendengar rencana pembukaan jalan baru tersebut. Informasi yang saya dapat, lahan yang dibutuhkan lebar 12 meter. Kalau 12 meter, saya yakin banyak warga yang keberatan. Tapi kalau 5 atau 6 meter, peluangnya besar,’’ ujar Sutarto.

Dandim 0428 Mukomuko, Letkol Czi Rinaldo Rusdi, melalui Danramil 0428-01 Mukomuko Kapt Inf Yuga Mahendri, menyatakan siap mendukung program pembukaan jalan ini. Syaratnya adalah ada pengajuan/proposal dari pemerintah. Proposal haru dilengkapi dengan dokumen pendukung yang kuat. Jika alasan karena adanya longsor, maka perlu foto-foto dan pendukung lainnya.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: