32 KK Korban Banjir Sudah Terima Bantuan, Kerugian Rp 2,5 M

32 KK Korban Banjir Sudah Terima Bantuan, Kerugian Rp 2,5 M

--

RADARMUKOMUKO.COM – Berdasarkan hitungan sementara, kerugian materil akibat banjir yang terjadi di berbagai titik di Kabupaten Mukomuko mencapai Rp 2,5 miliar. 

Rumah warga yang terendam banjir 467 rumah, kemungkinan masih bisa bertambah. Dari sekian banyak korban sebnyak 322 keluarga sudah mendapatkan bantuan logistik dari pemerintah. Sedangkan 105 keluarga korbn banjir di Desa Pondok Batu, 5 keluarga di Desa Lubuk Pinang,dan 35 keluarga di Desa Pondok Kopi, hingga sekarang belum mendapatkan bantuan.

Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Ramdani SE, M.Si mengatakan, dampak bencana banjir yang melanda Kabupaten Mukomuko  beberapa hari lalu, telah mengakibatkan kerugian materi hingga mencapai sekitar Rp 2,5 miliar. 

Jumlah kerugian itu berdasarkan penghitungan sementara oleh tim kaji kebutuhan kerugian banjir Pemkab Mukomuko. 

Dari hasil penghitungan,  kerugian tersebut ditimbulkan akibat terjadinya kerusakan rumah warga,  kerusakan  jalan nasional maupun jalan kabupaten, bangunan tempat pelelangan ikan dan kerusakan sarana dan prasarana fasilitas umum lainnya. 

‘’Data ini masih bersifat sementara, berdasarkan laporan dari desa dan juga hasil penelusuran tim saat turun ke lapangan. Banjir merusak bangunan rumah warga, bahkan ada satu rumah juga ikut hanyut. 

Bukan hanya itu, ada jalan, bangunan TPI, jembatan dan yang lain ikut rusak,’’ ujar Ramdani.

Lanjutnya, untuk jumlah final kerugian materi akibat bencana banjir, saat ini tim kaji kebutuhan kerugian banjir sedang menyusun jadwal  turun kembali ke lapangan. 

Setelah nanti sudah mendapatkan jumlah pasti kerugian, pihaknya akan langsung menyampaikan laporan ke bupati dan laporkan ke gubernur. 

Dengan laporan tersebut, diharapkan warga korban bencana banjir bis mendapatkan bantuan untuk perbaikan rumah mereka yang rusak.

‘’Setelah dapat data realnya, baru kita usulkan bantuan ke pemerintan untuk meringankan beban para korban,’’ ungkapnya.

Ramdani menambahkan, data rumah terendam banjir 467 rumah yang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan. Dari jumlah itu, sebnyak 322 keluarga sudah mendapatkan bantuan logistik dari pemerintah. 

Sedangkan 105 keluarga korbn banjir di Desa Pondok Batu, 5 keluarga di Desa Lubuk Pinang,dan 35 keluarga di Desa Pondok Kopi, hingga sekarang belum mendapatkan bantuan. Untuk bantuan logistik akan diserahkan waktu dekat ini.

‘’Dalam waktu dekat akan disalurkan. Saat ini kami bersama OPD terkait lainnya sedang melakukan persiapan,’’ tutupnya.(jar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: