Peringatan HKG PKK ke 50 Tahun 2022, Ini Pesan Ketua TP PKK Mukomuko

Peringatan HKG PKK ke 50 Tahun 2022, Ini Pesan Ketua TP PKK Mukomuko

--

RADARMUKOMUKO.COM – Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 50 tingkat Kabupaten Mukomuko tahun 2022 digelar di Gedung Balai Daerah Mukomuko, Senin (29/08/2022).

HKG ke 50 tingkat kabupaten dengan tema ‘’Berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama’’ diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari penyerahan santunan, pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berupa Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) hingga pelayanan vaksinasi Covid-19. 

Hadir pada kegiatan ini, Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA dan Wakil Bupati Mukomuko Wasri. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Pj Sekda Mukomuko, para Asisten, kepala OPD dan para camat se Kabupaten Mukomuko. 

Selain itu, Ketua TP PKK Kabupaten Mukomuko, Hj. T Nurliyana Habsah SE., M.Pd beserta jajaran, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Ketua Ikatan Keluarga Besar Dewan dan pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Mukomuko. 

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Mukomuko, Ny. T Nurliyana Habsah Sapuan menyampaikan, bahwa PKK merupakan gerakan pembangunan masyarakat bermula dari seminar home economic di Bogor yang menghasilkan rumusan 10 segi kehidupan keluarga.

Pada tanggal 27 Desember 1972, Presiden Republik Indonesia menganjurkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) agar PKK dilaksanakan di daerah-daerah di seluruh Indonesia dengan nama “Pembinaan Kesejahteraan Keluarga”. 

Dalam perjalanan selanjutnya PKK menghasilkan rumusan 10 program pokok, sampai sekarang menjadi program gerakan PKK.

Disampaikan Ny. T Nurliyana Sapuan, 50 tahun perjalanan gerakan PKK, tentu banyak hal yang telah dilakukan. Dinamika perjalanan gerakan PKK selama ini bisa menjadi bahan pembelajaran bahwa upaya pemberdayaan keluarga dan masyarakat itu perlu dilakukan dengan pendekatan cipta, rasa dan karsa, yakni dengan hati dan niat yang tulus.

‘’Sebagaimana yang telah diamanatkan oleh ketua PKK pusat Ny.Tri Tito Karnavian bahwa HKG PKK Ke-50 kali ini menjadi sangat istimewa karena merupakan peringatan tahun emas gerakan PKK di Indonesia,’’ sampainya. 

Melalui peringatan hari Kesatuan Gerak PKK kali ini, kata Ny. Nurliyana Sapuan, mengingatkan agar gerakan PKK kembali pada ruhnya yakni sebagai gerakan masyarakat untuk memberdayakan keluarga.  

‘’Artinya keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang harus kita berdayakan karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat,’’ ujarnya.   

Peringatan HKG PKK Ke-50 mengusung tema berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama. Makna dari tema ini yaitu jiwa kesukarelawanan gerakan PKK menjadi dasar bagi bakti PKK untuk bangsa dan berbagi untuk sesama serta saling membantu merupakan inti program gerakan PKK.

‘’Tema HKG tahun ini harus melekat dalam hati sanubari sebagai keluarga besar gerakan PKK dan menjadi tekad bersama untuk mendedikasikan diri ikut serta memajukan negara dan bangsa Indonesia,’’ paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: