Produk Khilafatul Muslimin di Bazar Dinas Ketahanan Pangan

Produk Khilafatul Muslimin di Bazar Dinas Ketahanan Pangan

Kades Mekar Jaya, Mulyatman, menunjukkan susu kedelai hasil produksi warga Khilafatul Muslimin.-SAHAD/RM-

TERAS TERUNJAM, RADARMUKOMUKO.com  - Jumat (12/8) berlangsung bazar di gedung serbaguna Dinas Ketahanan Pangan, Kabupaten Mukomuko. Bazar sayuran dan olahan pangan lokal, produksi Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Toko Tani Indonesia (TTI). 

Dari sekian banyak produk yang disajikan, ada diantaranya produksi dari warga Khilafatul Muslimin yang berasal dari Desa Mekar Jaya, Kecamatan Teras Terunjam. Produk berupa tahu dan susu kedelai tergabung dalam bazar dari KWT Mekar Tani. 

Kades Mekar Jaya, Mulyatman, menjelaskan, KWT Mekar Tani, merupakan binaan langsung dari Dinas Ketahanan Pangan. 

Disampaikan Mulyatman, dalam bazar ini, produk yang disajikan sayur-mayur dan hasil produksi rumah tangga. Tahu dan susu kedelai yang ada di bazar ini merupakan produksi dari Jaja, yang merupakan sesepuh Khilafatul Muslimin, di Mekar Jaya. 

''Ada tahu dan susu kedelai produksi warga Khilafatul Muslimin. Pemiliknya mengizinkan produknya tampil di bazar ini,'' ujar Mulyatman saat ditemui di lokasi bazar. 

Mulyatman juga menyampaikan, sebagian besar warga Khilafatul Muslimin bekerja sebagai petani. Tapi ada juga yang memiliki produksi rumah tangga, yakni tahu dan susu kedelai. 

Selama ini, produk tersebut dijual kepada masyarakat secara langsung. Sebagai bentuk dukungan atas produk tersebut, KWT membawa dan menjual dalam bazar ini. 

''Barangnya kami bawa dulu, berapa yang laku, hasilnya kami serahkan kepada pemiliknya,'' tambah Mulyatman. 

Camat Teras Terunjam, Iskameri, S.Pd, M.Si menjelaskan, dalam bazar ini, Kecamatan Teras Terunjam mengirim dua KWT. Selain KWT Mekar Tani, ada juga KWT Melati dari Tunggal Jaya. Masing-masing KWT menampilkan produk yang berbeda. 

''Dari 6 KWT yang mengikuti bazar ini, 2 diantaranya dari Teras Terunjam,'' ungkap Iskameri. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Konsumsi dan Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan, Kabupaten Mukomuko, Desi Hartati, S.Hut, mengatakan, tujuan bazar ini adalah mempromosikan produk KWT. Bazar ini menjadi agenda Dinas Ketahanan Pangan. Bazar dilakukan 2 bulan sekali, dengan peserta berbeda. 

Bazar kali ini diikuti oleh KWT Sari Kencana dari Desa Tirta Mulya, Kecamatan Air Manjuto. KWT Melati dan Mekar Sari dari Kecamatan Teras Terunjam. KWT Mawar dari Marga Mulya Sakti, Kecamatan Penarik, KWT Karya Lestari dari Rawa Mulya, Kecamatan XIV Koto dan KWT Pian Pacah dari Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko. Selain KWT, ada juga Toko Tani Indonesia, petani holtikultura, dan Armi Prozen dari Kecamatan Penarik. Sedangkan produk yang ditampilkan, selain sayur-mayur, ada juga makanan ringan, beras, telur, buah-buahan, daging dan lain sebagainya. 

''Selain promosi, bazar ini juga menyalurkan produk KWT dan mitra lainnya. Termasuk TTI dan Armi Prozen. Bazar kali ini sekaligus memeriahkan perayaan HUT RI ke-77,'' demikian Desi.(dul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: