Ketahanan Pangan Desa Talang Sakti Kembangkan Ternak Ayam

Ketahanan Pangan Desa Talang Sakti Kembangkan Ternak Ayam

--

V KOTO, RADARMUKOMUKO.com - Pemerintah desa (Pemdes) Talang Sakti Kecamatan V Koto, manfaatkan Dana Desa 20 persen untuk program ketahanan pangan desa.

Dimana program ketahanan pangan desa sudah mulai direalisasikan, yakni pengembangan ternak ayak kampung unggul. Ini dibuktikan dengan telah disalurkannya bibit ayam oleh pemerintah desa kepada kelompok peternak. 

Kepala Desa Talang Sakti, Samsul Sahril mengatakan, untuk program ketahanan pangan desa dipilih untuk pengembangan ternak ayam kampung unggul. Untuk ternak ayam ini sendiri dilakukan oleh kelompok yang terdiri dari 11 kelompok. Dimana masing-masing kelompok terdiri dari 20 anggota, dengan jumlah bantuan bibit ayam 9 ekor, satu ekor ayam jantan dan 8 ayam betina.

''Beberapa kelompok sudah mendapat bantuan bibit ayam. Sedangkan kelompok lainnya beberapa hari lagi juga akan mendapat bantuan ayam, karena bibit ayamnya masih dalam proses pengiriman. Sedangkan untuk jenis ayamnya ini ayam hasil kawin silang, bisa dikatakan bibit ayam kampung unggul,'' kata Samsul.

Lanjutnya, dipilihnya peternakan ayam untuk ketahanan pangan desa, karena dinilai sesuai dengan potensi desa. Mengingat di desa ini jauh dari pengairan sehingga tidak tepat untuk ternak ikan. Kemudian di desa ini juga banyak warga yang berkebun, sehingga untuk penggemukan sapi juga tidak bisa. Sesuai dengan kondisi desa, kata Samsul, peternak ayam kampung unggul lebih tepat.

''Selain mudah untuk perawatannya, juga tidak terlalu butuh lahan yang luas. Makanya warga sepakat ternak ayam menjadi ketahanan pangan desa,'' ujar Samsul. (api)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: