Wabup Wasri Apresiasi Video Detik - Detik Proklamasi Kreativitas Siswa SMAN 1 Mukomuko

Wabup Wasri Apresiasi Video Detik - Detik Proklamasi Kreativitas Siswa SMAN 1 Mukomuko

--

RADARMUKOMUKO.COM – Beragam cara dilakukan warga masyarakat untuk turut memeriahkan HUT RI ke 77 tahun 2022. 

Tidak mau kalah, siswa SMAN 1 Mukomuko, Bengkulu turut andil, mengisi momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan membuat film perjuangan. 

Film pendek yang disutradarai oleh Aisyah Nurfitri kelas XII SMAN I Mukomuko, bertajuk detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Cukup mengedukasi, di dalam film tersebut mengisahkan peristiwa 15 Agustus 1945 hingga detik-detik proklamasi 17 Agustus 1945.

‘’Dalam film ini, terdiri dari beberapa adegan. Mulai dari peristiwa di Jalan Cikini, peristiwa Rengas Dengklok, peristiwa penculikan Soekarno hingga pembacaan teks proklamasi,’’ ungkap Aisyah Nurfitri. 

Sosok Soekarno dalam film ini diperankan oleh Muhammad Izza. Kemudian, Nurfikri berperan sebagai Muhammad Hatta, kemudian Sutan Syahril diperankan Muhammad Fikri Atasman. 

Selain itu, kata Aisyah, juga ada yang berperan sebagai Khairul Saleh dan tokoh lainnya yang terlibat dalam detik-detik proklamasi. 

‘’Ya, kisah ini juga memuat beberapa tokoh perjuangan yang terlibat di peristiwa detik-detik proklamasi dan semuanya diperankan oleh rekan-rekan kami dari SMAN I Mukomuko,’’ ujarnya. 

Wakil Bupati Mukomuko, Wasri mengapresiasi kreativitas siswa SMAN 1 Mukomuko dalam pembuatan film perjuangan tersebut. 

Menurut Wabup Wasri, melalui video pendek ini, juga bagian dari upaya mengedukasi masyarakat dan generasi penerus. 

‘’Mudah-mudahan dengan pembuatan video ini, pemuda- pemudi harapan bangsa bisa mengetahui sejarah. Paham sejarah perjuangan untuk merebut kemerdekaan. Dan lebih penting lagi, kita mengimbau para generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif,’’ pintanya. (nek)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: