Seleksi Sekda Mukomuko Pekan Depan, Bupati: Sudah Kantongi Izin KASN dan Gubernur

Seleksi Sekda Mukomuko Pekan Depan, Bupati: Sudah Kantongi Izin KASN dan Gubernur

Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak, CA., CPA--

RADARMUKOMUKO.COM – Pelaksanaan uji kompetensi untuk pengisian jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko, telah mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Gubernur Bengkulu. Sesuai rencana, tahapan seleksi oleh tim Panitia Seleksi (Pansel) bakal digelar pekan depan.  

Hal ini disampaikan Bupati H. Sapuan, SE., MM., Ak, CA., CPA  kepada radarmukomuko.com, Rabu (03/08/2022) malam. 

‘’Persetujuan Komisi ASN dan Gubernur Bengkulu sudah kita dapatkan. Tinggal lagi menunggu pelaksanaan seleksi. Dan rencananya, Pansel bekerja melaksanakan tahapan seleksi pada pekan depan,’’ ungkap Bupati. 

Dijelaskannya, panitia seleksi calon Sekda Mukomuko melibatkan akademisi dan unsur pemerintahan. Dalam pelaksanaan seleksi, ia berharap dapat dilaksanakan sesuai aturan, profesional dan independen. 

‘’Kita menginginkan, pejabat yang direkomendasikan dari hasil seleksi nanti dapat diterima KASN. Jangan sampai mentah. Maka dari itu, diharapkan betul-betul mengikuti aturan. Laksanakan seleksi ini secara profesional dan independen,’’ pintanya. 

Dalam pengisian jabatan Sekda Kabupaten Mukomuko, Bupati dalam hal ini sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) diberi kewenangan oleh KASN untuk menunjuk lebih dari tiga orang pejabat yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi uji kompetensi. Terkait hal tersebut, Bupati belum membuat keputusan, siapa sosok pejabat yang bakal diutus.  

‘’Siapa pejabat yang bakal kita tunjuk untuk mengikuti seleksi, sabar dulu. Kita cek dulu, terutama mengenai kepangkatan dan golongannya. Siapa-siapa saja yang bisa dan memenuhi syarat,’’ ulasnya. 

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mukomuko, Wawan Santoni, S.Hut., M.Si, menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengantongi persetujuan Gubernur Bengkulu untuk pelaksanaan seleksi pengisian jabatan Sekda Mukomuko. 

Bahkan Gubernur juga telah mengutus dua orang pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk tergabung dalam tim seleksi. 

‘’Izin dari Gubernur Bengkulu sudah didapatkan. Bahkan Gubernur juga mengutus dua orang kepala dinas untuk tergabung dalam tim seleksi,’’ ujarnya. 

Selain itu, kata Wawan, Pansel pengisian jabatan Sekda Kabupaten Mukomuko juga melibatkan unsur akademisi dari Universitas Bengkulu (UNIB). 

‘’Dari unsur akademisi, kita mengambil tim penguji dari Universitas Bengkulu. Jika tidak ada kendala, pelaksanaan dan tahapan seleksi dimulai Rabu pekan depan,’’ demikian Wawan. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: