Serapan Anggaran di Mukomuko Masih di Bawah Target

Serapan Anggaran di Mukomuko Masih di Bawah Target

Sekda Kabupaten Mukomuko, Drs. Yandaryat Priendiana --

RADARMUKOMUKO.COM – Serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mukomuko pada semester I tahun 2022, masih di bawah target. 

Pj Sekda Kabupaten Mukomuko, Drs. Yandaryat Priendiana mengungkapkan, titik lemah serapan anggaran pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengelola belanja modal. Banyak program pengadaan barang dan jasa yang sedang berproses. 

‘’Serapan anggaran masih mengalami deviasi 0,6 persen dari target realisasi anggaran 40 persen hingga Juni lalu. Titik persoalan ini ada pada OPD pengelola belanja modal, banyak kegiatan yang sedang berproses,’’ ungkap Yandaryat ketika ditemui di ruang kerjanya, usai memimpin rapat Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA), Kamis (14/07/2022). 

Berdasarkan rapat TEPRA semester I, ditemukan empat OPD di lingkungan Pemkab Mukomuko yang serapan anggarannya masih rendah. Jauh di bawah target. Empat OPD tersebut Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim), Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) dan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A). 

‘’Ini yang kita tekankan, kepala OPD wajib paham apa persoalan yang menyebabkan rendahnya serapan anggaran. Cari solusinya. Kalau sudah mentok, baru kita diskusikan secara bersama,’’ tegas Yandaryat. 

Meski demikian, Yandaryat selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) optimis serapan anggaran Pemkab Mukomuko akan membaik pada semester II ini. 

‘’Sekarang program kegiatan belanja modal sudah dimulai, pada November nanti kita optimis serapan anggaran akan mencapai target,’’ pungkasnya. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: