Jangan Bikin Masyarakat Kecewa, Bupati: Bansos Harus Tepat Sasaran

Jangan Bikin Masyarakat Kecewa, Bupati: Bansos Harus Tepat Sasaran

MUKOMUKO - Selasa, (11/5) pagi. Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE., MM., Ak., CPA., didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Gianto, SH beserta jajaran hadir di aula Kantor Camat Pondok Suguh.

Kehadiran rombongan bupati, melakukan pemantauan sekaligus menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap III untuk bulan Maret 2021 secara simbolis kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kecamatan Pondok Suguh. Selain itu, bupati juga ingin memastikan bahwa semua Bantuan Sosial (Bansos) dari pemerintah harus tepat sasaran dan tidak mengecewakan masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Sapuan meminta kepada Kades, BPD, camat dan instansi teknis lainnya untuk terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Sebagai warning, semua Bantuan Sosial (Bansos)  pemerintah untuk masyarakat harus tepat sasaran. Calon penerima harus dilengkapi data yang valid sesuai dengan kriteria, mekanisme serta prosedural.

Tak kalah penting, bupati juga mengajak masyarakat selaku penerima BLT desa tetap mengedepankan rasa syukur dan berterimakasih atas hak-haknya yang telah diperjuangkan pemerintah. Ditengah kesulitan, pemerintah tetap berusaha hadir dengan bantuan-bantuan yang diberikan sebagai upaya menjaga stimulus ekonomi.

''Mari kita bersykur, gunakan bantuan tersebut sebaik-baiknya. Kemudian, kami juga mengajak seluruh komponen untuk terus bahu membahu mendukung program kegiatan serta kebijakan pemerintah. Diantaranya, mari kita tegakkan protokol kesehatan di masa pandemi COVID ini,'' pintanya.

Dalam sambutannya, bupati juga menyampaikan perihal pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 H. Ia berharap dapat dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Jika memungkinkan, untuk leluasa pengaturan jarak shaf jamaah, ada baiknya shalat Id di lapangan atau dalam bentuk lain di Masjid dengan mengatur jarak aman penyebaran COVID-19.

''Khusus untuk shalat Id, kita mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan,'' harapnya.

Adapun jumlah KPM penerima BLT desa tahap III se Kecamatan Pondok Suguh sebanyak 505 orang. Sebelumnya, BLT tahap 1 diterima oleh 510 KPM, dengan keterangan terdapat pengurangan sebanyak 5 KPM dengan alasan tertentu.

Camat Pondok Suguh, Abdul Hadi, S.Sos kepada radarmukomuko.rakyatbengkulu.com membenarkan hal tersebut. Pengurangan jumlah KPM dengan alasan, 3 orang terdaftar sebagai penerima PKH baru, 1 pindah domisili dan 1 telah diangkat dan menjadi perangkat desa.

''Usai penyerahan secara simbolis oleh bupati, kawan-kawan Kades dan Satgas COVID desa langsung meninlanjuti dan menyalurkan BLT desa kepada sejumlah KPM di masing-masing desa. Insyaallah, semua BLT desa dapat tersalurkan di hari ini (Selasa ini, red),'' sampainya.

Kehadiran rombongan bupati dalam penyerahan BLT desa tahap III turut dihadiri Kadis PMD, Kabid Pemdes beserta Kasi PMD. Kemudian, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (FKPK) Pondok Suguh, PD/PLD, Kades dan ketua BPD.

"Kami dari pemerintah kecamatan, sangat berterimakasih dan mrupakan suatu keberkahan pada kegiatan ini bapak bupati dapat hadir, mluangkan waktu di tengah-tengah kesibukan beliau yang luar biasa padat.

Kepada bupati, dalam kesempatan ini juga kami laporkan tentang kondisi umum kecamatan, upaya-upaya penanganan COVID dan penegakan proke yang telah dilakukan. Kemudian, juga melaporkan tentang penyaluran BLT desa, rekapitulasi APB Desa TA 2021, rekapitulasi seluruh penerima Bansos baik PKH, BPNT, BST, BLT Desa dengan total keseluruhan 1.339 KK,'' demikian Abdul Hadi. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: