Genjot Harga Sawit, Sapuan – Wasri Targetkan Mukomuko Miliki Pelabuhan

Genjot Harga Sawit, Sapuan – Wasri Targetkan Mukomuko Miliki Pelabuhan

POLITIK RM – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko, nomor urut 02 Sapuan – Wasri siap tingkatkan harga komoditi Tandan Buah Segar (TBS) masyarakat melalui program unggulan yang ditawarkan. Hal ini ditegaskan Calon Bupati Mukomuko, H. Sapuan kepada radarmukomuko.rakyatbengkulu.com, Senin (16/11/2020).

‘’Berdasarkan hasil kajian, akses transportasi menjadi salah satu persoalan yang menjadi penyebab rendahnya harga jual TBS masyarakat Kabupaten Mukomuko. Untuk itu, kami menawarkan program unggulan untuk mengatasi persoalan tersebut. Jika terpilih, kami akan berupaya membangun pelabuhan angkutan CPO (Crude Palm Oil, red) dan pembangunan Jalan Usaha Tani,’’ ungkap Sapuan.

Selama ini, harga jual TBS masyarakat Kabupaten Mukomuko relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan daerah lain. Terutama daerah yang telah memiliki akses transportasi angkutan jalur laut, berupa pelabuhan. Betapa tidak, tingginya harga TBS masyarakat, karena disebabkan biaya yang dikeluarkan untuk pengangkutan hasil produksi CPO jauh lebih murah. Kemudian, kelancaran akses jalan menuju kawasan perkebunan masyarakat, turut mempengaruhi harga.

‘’Boleh kita bandingkan dengan daerah yang telah memiliki pelabuhan angkutan CPO. Harga TBS masyarakatnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan daerah kita. Artinya, salah satu upaya untuk menggenjot harga TBS Kabupaten Mukomuko perlu dibangun pelabuhan angkutan CPO,’’ imbuhnya.

‘’Selain itu, kami juga memperhatikan jalur ke kawasan perkebunan masyarakat. Fakta yang kami temui, harga TBS masyarakat yang kondisi jalannya masih sulit dilalui kendaraan angkutan, relatif lebih rendah,’’ demikian Sapuan. (nek)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: