Ditengah Badai Corona, Polisi Hapus ’’Air Mata’’ Masyarakat

Ditengah Badai Corona, Polisi Hapus ’’Air Mata’’ Masyarakat

METRO – Selama masa masyarakat dihantui oleh Covid-19, selama itu pula secara berangsur ekonomi masyarakat memburuk. Ini sebenarnya bentuk usaha masyarakat mematuhi aturan dan instruksi pemerintah untuk tidak banyak keluar dari rumah. Tak heran, semua aspek usaha masyarakat mengalami penurunan omzet. Begitu juga dengan nasib para buruh serta pekerja serabutan mulai mengeluhkan kondisi ini. Untungnya, ditengah badai Covid-19 ini, muncul naluri kemanusiaan dari sosok Kapolres Mukomuko AKBP. Andy Arisandi, SH, S.IK, MH. Atas perintahnya, dengan serentak seluruh Polsek di wilayah hukum Polres Mukomuko menggelar aksi sosial dengan cara berbagi Sembako. Masyarakat yang menjadi sasaran yakni masyarakat rumah tangga yang kurang mampu dan ekonomi menengah. Salutnya, aksi peduli sosial ini langsung dipimpin oleh Kapolres, meski harus door to door di tengah terik mata hari. Aksi Kapolres beserta jajarannya ini sangat tepat menggambarkan suasana hati masyarakat yakni bagaikan menghapus ’’air mata’’ masyarakat yang sedang dirundung sedih.

‘’Aksi kami ini murni kepedulian sosial yang tercetus dari melihat kondisi masyarakat saat ini. Kami tidak ingin masyarakat larut dalam kesedihan yang selalu dihantui oleh Covid-19. Kami juga mengapresiasikan masyarakat yang sudah menaati instruksi pemerintah yang selalu menjaga aktivitas yang tidak seperti biasa. Jelas ini memberi dampak bagi perekonomian masyarakat. Kami hanya mencoba untuk memotivasi masyarakat untuk terus semangat melawan Covid-19,’’ ujar Kapolres yang dikenal rajin beribadah ini. Patut juga direnungi bersama, tidak sedikit orang kaya dan perusahaan besar yang berdiri gagah dan sejahtera di Kapuang Sati Rantau Batuah ini. Namun belum ada satupun perusahaan menunjukkan sikap peduli terhadap sesama. Ini bisa dilihat, belum ada perusahaan yang menggelar aksi sosial ditengah badai Covid-19 ini. Kendati demikian, sosok Andy Arisandi tidak mau berkaca dengan hal yang tidak perlu ditiru tersebut. Ia tetap berpegang teguh dengan nalurinya sendiri untuk tetap hadir berdiri ramah di tengah masyarakat. Terbukti kemarin, ia merasa bahagia ketika melihat senyum setiap warga yang menerima bingkisan Sembako dari tangannya.

‘’Ya, semoga saja ada pihak lain yang bisa berbagi kepada masyarakat dimasa bencana seperti ini. Pergerakan kami ini murni karena peduli bencana yang menghantui masyarakat. Semoga saja masyarakat selalu tersenyum dan tegar menghadapi bencana ini. Disetiap kunjungan kami ke rumah-rumah warga, selalu kami iringi dengan sosialisasi bahaya Covid-19 dan cara menghindarinya,’’ imbuh Kapolres yang dikenal sering menyapu Masjid ini ramah. Sekedar untuk diketahui, titik sasaran Polres Mukomuko melakukan kegiatan sosial kemarin yakni Kelurahan Koto Jaya Pantai Indah Mukomuko (PIM) Kota Mukomuko yang mayoritas masyarakatnya nelayan. Juga dikunjungi warga Desa Kota Peraja SP 6 Kecamatan Air Manjuto yang masyarakatnya sebagian besar petani dan buruh serabutan. Kemudian dilanjutkan juga di masing-masing Polsek dalam wilayah hukum Polres Mukomuko. Kepedulian sosial polisi ini juga langsung melibatkan Kepala Desa yang wilayahnya dijadikan titik pembagian Sembako.Kapolres beserta anggotanya dalam aksi ini selalu mengenakan masker dan sarung tangan. Adapun bantuan Sembako yang diberikan berupa beras 10 Kg, mie instan, sarden dan beberapa kebutuhan pokok lain yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuksehari-hari.

‘’Dalam hal ini saya mengucapkan terimaksih kepada seluruh anggota saya yang terlibat. Saya bangga karena anggota bisa saling bahu membahu untuk melaksanakan hal ini secara langsung. Kami sadar, bahwa kami ini pelayan dan pengayom masyarakat. Jadi soal capek, panas dan sebagainya itu sudah menjadi risiko kami. Pesan saya, supaya masyarakat selalu menjaga budaya hidup sehat dan menaati instruksi pemerintah. Masyarakat juga harus fokus dalam menjaga ketertiban serta keamanan lingkungan. Karena dari rasa aman itulah, masyarakat bisa tenang menjalankan aktivitas sewajarnya yang disesuaikan dengan kondisi saat ini,’’ demikian Andy Ari Sandi. (vee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: