RMONLINE.ID - Brand awareness atau kesadaran merek merupakan kemampuan konsumen untuk mengenali dan mengingat sebuah merek dalam situasi yang berbeda.
Konsep ini menjadi fondasi penting dalam strategi pemasaran modern, di mana persaingan bisnis semakin ketat dan konsumen dihadapkan dengan berbagai pilihan produk atau jasa.
BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Waffle Ala Resto dari Rumah: Rasakan Kelezatan di Ujung Lidah
BACA JUGA:6 Cara Mengajarkan Adab pada Anak, Pentingnya Adab di Era Sekarang yang Mulai Pudar
Kesadaran merek memiliki beberapa tingkatan yang menunjukkan seberapa kuat presence sebuah brand di benak konsumen:
1. Top of Mind
o Merek yang pertama kali muncul dalam pikiran konsumen
o Menjadi referensi utama dalam kategori produk tertentu
2. Brand Recall
o Merek yang diingat setelah menyebutkan merek pertama
o Masih memiliki posisi kuat di benak konsumen
3. Brand Recognition
o Konsumen mengenali merek setelah diberikan petunjuk
o Familiar dengan identitas visual atau nama merek
4. Unaware of Brand