4 Alasan Mengapa Mobil Matik Zaman Sekarang Banyak Pakai Transmisi CVT

Sabtu 19-10-2024,20:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) semakin banyak digunakan pada mobil matik modern karena beberapa keunggulan yang ditawarkannya. 

Berikut ini empat alasan utama mengapa teknologi CVT menjadi pilihan populer di kalangan produsen mobil:

1. Pengendaraan Lebih Halus

CVT tidak menggunakan gigi seperti pada transmisi otomatis tradisional. Sebaliknya, sistem ini menggunakan dua puli yang dihubungkan dengan sabuk baja yang bisa mengubah rasio secara terus-menerus. 

BACA JUGA:Tidak Akan Membosankan! Begini Tips Memanfaatkan Waktu Luang Agar Tidak Merasa Kesepian

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Sego Koyor yang Menggugah Selera, Satu Keluarga Nambah Porsi Makan

Alhasil, akselerasi menjadi lebih halus tanpa hentakan perpindahan gigi, memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, terutama di perkotaan yang sering dihadapkan dengan kemacetan.

2. Efisiensi Bahan Bakar

Salah satu keunggulan CVT adalah kemampuannya untuk menjaga mesin pada putaran optimal, yang berdampak pada efisiensi bahan bakar. Mobil yang dilengkapi CVT umumnya lebih irit karena tenaga mesin dapat dimanfaatkan secara maksimal tanpa ada yang terbuang. 

Hal ini sangat cocok bagi pengemudi yang menginginkan mobil dengan konsumsi bahan bakar rendah, baik untuk perjalanan jauh maupun harian.

3. Bobot Lebih Ringan

CVT memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan transmisi otomatis konvensional. Bobot kendaraan yang lebih ringan ini berkontribusi pada peningkatan performa mobil, karena mengurangi beban yang harus diangkut mesin. 

Dengan bobot yang lebih ringan, mobil dapat berakselerasi lebih cepat dan mengurangi konsumsi bahan bakar, menjadikannya pilihan ideal bagi banyak pabrikan.

BACA JUGA:Kelezatan Olahan Pisang Khas Semarang, Cara Membuat Pisang Plenet yang Menggoda Selera

BACA JUGA:Perlu Berhati-hati dalam Memilih Skincare! Dampak Skincare Overclaim

4. Perawatan Lebih Awet (Jika Dirawat dengan Baik)

Kategori :