Benarkah Susu Kental Manis Bukan Berasal Dari Susu Asli? Begini Faktanya

Sabtu 19-10-2024,17:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Pertanyaan tentang apakah susu kental manis (SKM) berasal dari susu asli sering kali menimbulkan perdebatan di masyarakat. Banyak yang beranggapan bahwa produk ini bukanlah susu asli, tetapi faktanya lebih kompleks dari itu. 

SKM memang berasal dari susu sapi, namun proses pengolahannya membuatnya berbeda dari susu segar atau susu cair biasa, terutama dari segi kandungan nutrisinya.

Asal-Usul Susu Kental Manis

Secara historis, susu kental manis sudah lama dikembangkan. Teknik pengawetan susu dengan menghilangkan kandungan air dan menambahkan gula pertama kali ditemukan pada awal 1820 oleh Nicholas Appert dari Prancis. 

Kemudian, pada 1866, Charles Page mengembangkan teknik ini lebih lanjut dengan mendirikan Anglo-Swiss Condensed Milk di Swiss, menciptakan susu kental yang lebih stabil dan tahan lama. 

BACA JUGA:Tidak Akan Membosankan! Begini Tips Memanfaatkan Waktu Luang Agar Tidak Merasa Kesepian

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Sego Koyor yang Menggugah Selera, Satu Keluarga Nambah Porsi Makan

Hingga kini, SKM dibuat dari susu sapi yang diolah dengan menghilangkan sebagian besar kandungan airnya dan menambahkan gula dalam jumlah yang cukup tinggi.

Kandungan dan Proses Produksi

Meskipun SKM berasal dari susu sapi, produk ini tidak setara dengan susu cair atau susu formula. Menurut BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), susu kental manis tidak boleh disamakan dengan jenis susu lain seperti susu segar. 

Karena SKM mengandung gula dan lemak dalam jumlah yang sangat tinggi. Sementara kandungan protein dan nutrisi lainnya yang berasal dari susu hanya terdapat dalam jumlah sedikit. 

BACA JUGA:Kelezatan Olahan Pisang Khas Semarang, Cara Membuat Pisang Plenet yang Menggoda Selera

BACA JUGA:Resep Sederhana dan Cara Membuat Lontong Spekoek Khas Semarang

Oleh karena itu, BPOM menegaskan bahwa susu kental manis bukanlah produk yang cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak atau bayi, karena kandungan gizinya yang tidak seimbang.

BPOM juga mengeluarkan regulasi terkait label produk ini. Salah satu aturan yang penting adalah larangan menampilkan gambar anak-anak pada kemasan susu kental manis. 

Kategori :