Benarkah Batik Asli Indonesia? Fakta dan Kontroversi Seputar Kain Warisan Nusantara

Senin 07-10-2024,10:30 WIB
Reporter : M. Asroful Anwar
Editor : Ferly Saputra

Pada tahun 2009, UNESCO mengakui batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.  Pengakuan ini semakin mengukuhkan posisi batik sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia yang patut dilestarikan.  

BACA JUGA:Mulai dari Klepon hingga Roti Bakar, Ini 10 Dessert Khas Indonesia yang Paling Enak Versi Taste Atlas 2024

BACA JUGA:Sudah Tau Belum? Ternyata Ini Kepanjangan dari WC

Di era modern ini, batik telah mengalami perkembangan yang pesat.  Berbagai inovasi dilakukan untuk menciptakan motif dan teknik membatik baru.  Namun, di tengah gempuran modernisasi, penting bagi kita untuk tetap melestarikan batik tradisional sebagai warisan leluhur.

Kita dapat turut melestarikan batik dengan berbagai cara, seperti mengenakan batik dalam berbagai kesempatan, mempelajari teknik membatik, dan mendukung para perajin batik.  Dengan demikian, kita ikut berperan dalam menjaga kelestarian budaya Indonesia.

Batik bukan sekadar kain bercorak indah, melainkan juga simbol identitas dan kebanggaan bangsa Indonesia.  Kain ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah dan budaya Indonesia.  Mari kita lestarikan batik agar terus  berkibar di kancah dunia.*

Kategori :