Dikira Sama, Ternyata Lari dengan Joging Itu Berbeda Lho! Ini Perbedaanya

Minggu 06-10-2024,06:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Banyak orang sering kali menganggap bahwa lari dan joging adalah aktivitas fisik yang sama. Namun, meskipun keduanya melibatkan gerakan berlari, ada beberapa perbedaan mendasar yang perlu kamu ketahui. 

Mari kita telusuri perbedaan antara lari dan joging agar kamu bisa memilih mana yang lebih cocok untukmu!

1. Kecepatan dan Intensitas

Salah satu perbedaan utama antara lari dan joging adalah kecepatan dan intensitasnya. Lari biasanya dilakukan pada kecepatan yang lebih tinggi, umumnya lebih dari 6 mil per jam (9,7 km/jam). 

BACA JUGA:Takut Naik Pesawat? Ikuti Tips dari Pilot Berikut Buat Kamu Phobia Ketinggian

BACA JUGA:JUT Program Swakelola Kelompok Tani di Mukomuko Rampung

Ini membuat lari menjadi aktivitas yang lebih intensif, yang dapat meningkatkan detak jantung dan membakar kalori dengan lebih cepat. Di sisi lain, joging dilakukan pada kecepatan yang lebih lambat, biasanya antara 4 hingga 6 mil per jam (6,4 - 9,7 km/jam). Joging lebih santai dan cenderung lebih mudah dilakukan bagi pemula.

2. Tujuan dan Manfaat Kesehatan

Lari sering kali dilakukan untuk tujuan kebugaran tertentu, seperti meningkatkan kecepatan, daya tahan, atau untuk berkompetisi dalam perlombaan. Hal ini bisa meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan memperkuat otot.

Sementara itu, joging biasanya dilakukan untuk relaksasi atau sebagai cara yang lebih santai untuk tetap aktif. 

Joging dapat membantu menurunkan stres, meningkatkan suasana hati, dan memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan tanpa tekanan fisik yang terlalu besar.

BACA JUGA:Tanda-tanda Orang yang Bakal Sukses Meski Tidak Memiliki Banyak Teman dan Relasi

BACA JUGA:6 Film Adaptasi Netflix Terburuk Sepanjang Masa!

3. Teknik dan Postur

Teknik berlari dan joging juga berbeda. Saat berlari, postur tubuh cenderung lebih tegak dan penggunaan lengan yang lebih aktif membantu meningkatkan kecepatan. Langkah kaki pun biasanya lebih panjang dan lebih cepat. 

Kategori :