Mengapa Hubungan LDR Sering Gagal dalam Percintaan?

Minggu 29-09-2024,14:00 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID  - Hubungan jarak jauh, atau lebih dikenal sebagai long-distance relationship (LDR), adalah salah satu bentuk hubungan percintaan yang penuh tantangan. 

Meskipun banyak pasangan yang berhasil menjaga hubungan ini, tidak sedikit yang berakhir gagal. Ada beberapa alasan mendasar mengapa hubungan LDR cenderung lebih sulit dipertahankan dibandingkan hubungan yang berlangsung di tempat yang sama.

1. Rasa Kesepian yang Muncul

Salah satu alasan utama kegagalan hubungan LDR adalah rasa kesepian. Pasangan yang berada dalam hubungan jarak jauh sering kali merasa jauh secara emosional karena kurangnya kontak fisik dan kesempatan untuk bertemu. 

BACA JUGA:Apakah Kamu Memiliki Kulit yang Kering? Awas Mengidap Eksim!

BACA JUGA:6 Jurusan S1 yang Bisa Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Dibanding Lainnya

Melihat teman-teman lain yang dapat bertemu pasangan mereka setiap hari atau menghabiskan waktu bersama di akhir pekan, bisa menimbulkan perasaan tidak lengkap dan membuat seseorang merasa kesepian meskipun memiliki pasangan

Rasa kesepian ini dapat mengarah pada perasaan tidak terikat secara emosional yang pada akhirnya membuat hubungan terasa hambar dan cenderung berakhir.

2. Kurangnya Kesempatan untuk Bertemu

Dalam hubungan jarak jauh, waktu untuk bertemu menjadi barang yang sangat langka. Kurangnya pertemuan fisik ini bisa mengakibatkan hubungan menjadi kaku dan kurang emosional. 

Ketika jarang bertemu, pasangan mungkin merasa semakin jauh dan tidak sinkron. Hal ini dapat memicu rasa terasing satu sama lain, yang jika dibiarkan berlarut-larut bisa membuat hubungan kehilangan makna dan perasaan cinta memudar.

BACA JUGA:Ingin Sukses Seperti Mereka? Tiru 6 Kebiasaan Ini yang Sering Dilakukan Orang Sukses Berdasarkan Psikologi

BACA JUGA:4 Zodiak yang Memliki Aura Orang Berkelas dan Elegan

Hubungan yang tidak diisi dengan pertemuan fisik dan waktu berkualitas sering kali berakhir tanpa emosi yang cukup untuk menahan tantangan jarak.

3. Godaan dan Kurangnya Kepercayaan

Kategori :