Pemkab Mukomuko Bangun Sarana Prasarana Air Bersih Warga Desa Rami Mulya, Marga Mulya, Wonosobo

Senin 09-09-2024,15:16 WIB
Reporter : Ibnu Rusdi
Editor : Ibnu Rusdi

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko bangun sarana dan prasarana sumber air bersih warga desa dengan sumber dana APBD tahun 2024.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST., MT didampingi Kepala Bidang Cipta Karya Budiarto pada Senin, 9 September 2024. Ia mengatakan, di tahun ini pihaknya melaksanakan 4 kegiatan pembangunan sarana dan prasarana air bersih warga. 

Di Desa Rami Mulya Kecamatan Air Rami, kata Budiarto, sarana prasarana sumber air bersih warga yang sedang dalam proses pembangunan berupa 1 unit sumur bor berikut dengan bangunan menara tower dudukan tangki air. Besaran dana untuk pembangunan ini sebanyak Rp148 juta.  

BACA JUGA:Pengukuhan 884 Kades dan BPD di Mukomuko Tak Serentak, Digelar 3 Gelombang

BACA JUGA:Sosok Dibalik Berbagai Mega Proyek Era Soerkarno yang Masih Kokoh Hingga Kini

‘’Volume pekerjaan untuk sumber air bersih warga di Desa Rami Mulya Air Rami posisi sekarang sudah mencapai 90 persen,’’ kata Budiarto. 

Kemudian, pembangunan sarana prasarana air bersih wara Marga Mulya Kecamatan Air Rami. Dikatakan Budiarto, sarana air bersih di desa Marga Mulya ini berupa sumur bor berikut dengan bangunan hidran umum. Besaran dana APBD yang dialokasi untuk kegiatan ini sebanyak Rp119 juta. 

‘’Sarana air bersih di Marga Mulya, sekarang ini dalam proses pembangunan. Di sini dibangun sumur bor berikut dengan hidran umum, berupa bak penampungan air,’’ ujarnya. 

Tidak hanya itu, di Desa Wonosobo Kecamatan Penarik, Pemerintah Kabupaten Mukomuko melaksanakan 2 kegiatan pembangunan sarana prasarana air bersih. 

BACA JUGA:Politik Uang di Pemilu Bakal Menular di Pilbup, Ini Pesan Bawaslu

BACA JUGA:Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko Wajib Cuti Selama Masa Kampanye

Dijelaskan Budiarto, untuk Desa Wonosobo pada 1 kegiatan item pembangunan berupa sumur bor berikut dengan hidran umum, atau dudukan penampungan air bersih sebelum didistribusikan ke rumah warga. Besaran dana yang dialokasikan Rp128 juta. 

Satu lagi, di Desa Wonosobo Kecamatan Penarik juga dilaksanakan pembangunan menara tower air bersih tempat dudukan air bersih dengan ketinggian sekitar 9 meter dengan dana senilai Rp148 juta. 

‘’Memang untuk satu kegiatan di Desa Wonosobo hanya pembangunan menara tower saja, dikarenakan sumber air bersihnya sudah ada,’’ ujarnya. 

Selain itu, Budiarto menyampaikan bahwa sarana prasarana sumber air bersih yang dibangun sebanyak 4 titik ini, diperkirakan dapat menyuplai air bersih ke 90 KK. 

Kategori :