Jangan Asal! Ternyata 3 Jenis Vitamin Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama dengan Kopi

Selasa 13-08-2024,13:00 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Kopi adalah minuman yang digandrungi banyak orang karena kandungan kafeinnya yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan memberikan energi tambahan. 

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa kopi dapat mengganggu penyerapan beberapa jenis vitamin penting jika dikonsumsi bersamaan. Berikut adalah tiga jenis vitamin yang sebaiknya tidak diminum bersama kopi:

1. Vitamin B1 (Thiamine)

Vitamin B1 berperan penting dalam menjaga kesehatan saraf, otak, dan fungsi metabolisme tubuh. Namun, kopi mengandung senyawa asam klorogenat yang dapat mengurangi penyerapan vitamin B1 di dalam tubuh. 

BACA JUGA:Cara Mudah Mencegah Nasi Cepat Basi di dalam Rice Cooker

BACA JUGA:4 Fitnah yang Muncul Jelang Terjadi Kiamat, Salah Satunya Sudah Sering Muncul

Asam klorogenat dalam kopi mengikat vitamin B1, sehingga menghambat penyerapan optimal vitamin ini di saluran pencernaan.

2. Vitamin C

Vitamin C dikenal sebagai vitamin yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan pembentukan kolagen. 

Mengonsumsi kopi bersamaan dengan vitamin C dapat mengurangi efektivitas penyerapan vitamin ini. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan pengeluaran vitamin C melalui urin, sehingga tubuh tidak dapat memanfaatkan vitamin C dengan maksimal.

3. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Kopi diketahui dapat mempengaruhi penyerapan kalsium dalam tubuh, yang secara tidak langsung juga memengaruhi efektivitas vitamin D. 

BACA JUGA:Yuk Kenali Gangguan Kesehatan Avoidant Personality Disorders Serta Penyebabnya

BACA JUGA:Tanaman Hijau Mungil Satu Ini Ternyata Punya Banyak Manfaat lho, Simak Berbagai Manfaat Okra Bagi Kesehatan

Jika vitamin D dikonsumsi bersamaan dengan kopi, penyerapan kalsium yang dibantu oleh vitamin D menjadi tidak optimal, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan tulang.

Kategori :