Wajah Kusam Meski Sudah Pakai Skincare Mahal? Ini 5 Penyebab yang Mungkin Anda Lewatkan

Jumat 09-08-2024,18:30 WIB
Reporter : Anwar
Editor : Fitriani

RMONLINE.ID – Merawat kulit wajah dengan rangkaian skincare telah menjadi ritual wajib bagi banyak orang. Namun, tak jarang kita merasa frustrasi ketika kulit wajah tetap terlihat kusam meski sudah rutin menggunakan berbagai produk perawatan. Apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya? Berikut 5 alasan yang mungkin menjelaskan mengapa wajah Anda masih kusam meski sudah pakai skincare.

1. Paparan Sinar Matahari Tanpa Perlindungan

Sinar UV dari matahari adalah musuh utama kulit cerah. Tanpa perlindungan sunscreen, sinar UV dapat merusak kolagen dan elastin, menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan terlihat kusam. Pastikan Anda selalu menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung.

BACA JUGA:Tips Mengetahui Buah-Buahan Yang Dipaksa Masak Lewat Karbitan

BACA JUGA:Mengulas Berbagai Manfaat Tanaman Daun Kuping Gajah bagi Kesehatan Mental dan Tubuh

2. Dehidrasi Kulit

Kulit yang dehidrasi akan tampak kusam dan tidak bercahaya. Meski sudah menggunakan pelembap, faktor-faktor seperti cuaca kering, penggunaan AC, dan kurangnya asupan air dapat membuat kulit tetap dehidrasi. Pastikan Anda minum cukup air putih dan gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

3. Penumpukan Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit dapat menghalangi cahaya, membuat kulit terlihat kusam. Lakukan eksfoliasi secara rutin 1-2 kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit. Pilih produk eksfoliasi yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

BACA JUGA:Sederhana Namun Elegan, Begini Resep dan Cara Membuat Samyang Roll

BACA JUGA:Banyak Disebutkan di Media Sosial, Ternyata Ini Pengertian Khodam

4. Kurang Tidur dan Stres

Kurang tidur dan stres dapat mengganggu proses regenerasi kulit, menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak sehat. Usahakan untuk tidur 7-8 jam setiap malam dan kelola stres dengan baik melalui olahraga, meditasi, atau aktivitas relaksasi lainnya.

5. Penggunaan Produk yang Tidak Tepat

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, sehingga penting untuk memilih produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Penggunaan produk yang tidak tepat dapat menyebabkan iritasi, alergi, atau bahkan memperburuk kondisi kulit. Konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk mendapatkan rekomendasi produk yang tepat.

Kategori :