5 Jenis Olahraga Ampuh Mencegah Pikun, Joget TikTok Salah Satunya

Jumat 26-07-2024,10:30 WIB
Reporter : Reza Alfis Syahfar
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Pikun atau demensia adalah kondisi yang ditandai dengan penurunan fungsi kognitif, termasuk daya ingat, pemikiran, dan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. 

Menjaga kesehatan otak sangat penting untuk mencegah pikun, terutama saat memasuki usia lanjut. Salah satu cara yang efektif untuk mencegah pikun adalah dengan rutin berolahraga. 

Berikut adalah lima jenis olahraga yang ampuh mencegah pikun, 

1. Aerobik

Aerobik adalah jenis olahraga yang melibatkan aktivitas fisik intens yang dapat meningkatkan detak jantung dan sirkulasi darah. Aerobik membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang penting untuk menjaga fungsi kognitif. 

BACA JUGA:Inilah Waktu yang Tepat Untuk Berolahraga di Malam Hari, Cocok Bagi Para Pengidap Obesitas

BACA JUGA:Red Sparks Bergerak di Bursa Transfer Pemain, Siap Datangkan Pemain Anyar, Siapakah Sosoknya?

Latihan aerobik seperti berlari, bersepeda, atau berenang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan memori. Melakukan aerobik secara rutin dapat menurunkan risiko pikun.

2. Yoga

Yoga adalah olahraga yang menggabungkan pernapasan, meditasi, dan pose tubuh yang dapat meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan. 

Yoga juga dikenal dapat mengurangi stres dan kecemasan, yang merupakan faktor risiko pikun. Selain itu, yoga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. 

Melakukan yoga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mencegah penurunan kognitif.

3. Tai Chi

Tai Chi adalah seni bela diri asal Tiongkok yang melibatkan gerakan lambat dan meditasi. Tai Chi membantu meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan koordinasi. 

Penelitian menunjukkan bahwa Tai Chi dapat meningkatkan fungsi kognitif dan menurunkan risiko demensia.

Kategori :