Kesukaan Anak-anak! Inilah Berbagai Manfaat Hati Ayam, Salah Satunya Meningkatkan Fungsi Otak

Selasa 23-07-2024,14:00 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

RMONLINE.ID - Di tengah hiruk pikuk tren makanan sehat, satu sumber nutrisi yang sering terlupakan adalah hati ayam. 

Meskipun mungkin bukan pilihan pertama bagi banyak orang, hati ayam sebenarnya menyimpan segudang manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Organ ini, yang sering disebut sebagai "multivitamin alami", kaya akan nutrisi penting yang dapat mendukung berbagai aspek kesehatan tubuh. 

BACA JUGA:Bulat-bulat yang Lezat! Begini Resep dan Cara Membuat Laddu Khas India

BACA JUGA:Mudah dan Praktis, Begini Cara Membuat Halwa Makanan Khas Timur Tengah di Rumah

Mari kita jelajahi lebih dalam manfaat mengonsumsi hati ayam bagi kesehatan.

Meningkatkan Sel Darah Merah

Hati ayam adalah salah satu sumber zat besi heme terbaik yang tersedia secara alami. Zat besi heme adalah bentuk zat besi yang paling mudah diserap oleh tubuh manusia. 

Dalam 100 gram hati ayam, terkandung sekitar 11 mg zat besi, atau sekitar 61% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Zat besi memainkan peran krusial dalam produksi hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Menjaga Kesehatan Tulang

Hati ayam kaya akan vitamin B kompleks, terutama vitamin B12 dan folat. Kedua nutrisi ini berperan penting dalam menurunkan kadar homosistein dalam darah. 

Homosistein adalah asam amino yang, jika kadarnya terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, hati ayam juga mengandung koenzim Q10, senyawa yang bertindak sebagai antioksidan dan berperan dalam produksi energi di tingkat sel. 

Koenzim Q10 telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan jantung, termasuk membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung pada pasien dengan gagal jantung.

Menjaga dan Meningkatkan Fungsi Otak

Kategori :