Lembut dan Bikin Nagih! Yuk Cobain Resep Mougam yang Sederhana dan Praktis Ini

Minggu 21-07-2024,16:29 WIB
Reporter : Ahmad Famuji
Editor : Ferly Saputra

Mulailah dengan mencampur tepung ketan, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah besar. Aduk rata menggunakan tangan atau spatula hingga semua bahan tercampur sempurna.

2. Membuat Santan Pandan

Rebus santan bersama daun pandan yang sudah diikat simpul. Biarkan mendidih sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, matikan api dan biarkan sedikit dingin.

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Kue Kolong Khas Kepulauan Seribu yang Manis Gurih

BACA JUGA:Nikmati Setiap Hentakan Langkah Kaki! Inilah Manfaat Melakukan Slow Jogging Bagi Kesehatan Tubuh

3. Mencampur Adonan

Tuangkan santan pandan hangat ke dalam campuran tepung ketan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Pastikan adonan tidak menggumpal dan tercampur rata. Adonan yang dihasilkan harus cukup kental namun masih bisa dituang.

4. Membungkus Adonan

Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan dan dilayukan di atas api. Potong daun pisang membentuk persegi panjang. Tuang adonan ke atas daun pisang, lalu beri taburan kelapa parut di atasnya. Lipat dan sematkan dengan lidi atau stapler khusus makanan.

5. Proses Pengukusan

Panaskan kukusan dan susun Mougam yang sudah dibungkus. Kukus selama kurang lebih 20-25 menit atau hingga matang. Mougam yang matang akan terasa padat saat ditekan.

6. Penyajian

Setelah matang, angkat Mougam dan biarkan sedikit dingin sebelum disajikan. Mougam paling nikmat dinikmati saat masih hangat.

Selamat mencoba membuat Mougam di rumah, dan nikmati kelezatan kue basah khas Palembang ini bersama orang-orang tersayang!

Kategori :