Harga Jengkol Naik, Petani: Semoga Terus Naik

Minggu 14-07-2024,14:14 WIB
Reporter : Ibnu Rusdi
Editor : Ibnu Rusdi

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Harga jengkol di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu terus mengalami kenaikan. 

Di Pasar Tradisional Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko, Minggu, 14 Juli 2024. Satu kilogram jengkol kulit dibanderol Rp15 ribu. Jengkol kupas dijual dengan harga Rp25 ribu hingga Rp27 ribu per kilogram. 

Sementara, jengkol kulit muda Rp12 ribu per kilogram, dan jengkol muda kupas dijual dengan harga Rp20 ribu per kilogram. 

‘’Harga jengkol kembali naik. Pekan lalu saya beli dengan harga Rp12 ribu untuk jengkol kulit yang sudah tua, sementara jengkol muda kulit masih dapat dibeli Rp8 ribu sekilo,’’ kata Ibu Rumah Tangga, Mike, pengunjung Pasar Koto Jaya. 

BACA JUGA:Wismen Sudah Tetapkan Calon Wakil Bupati Untuk Pilbup Mukomuko

BACA JUGA:Ini Aneka Ragam Tanah Dari Sabang Sampai Merauke Serta Namanya

Naiknya harga jengkol di Kabupaten Mukomuko, lantaran banyak petani yang belum memasuki panen jengkol. 

Menurut Oskar, salah seorang petani jengkol asal Kecamatan Penarik. Pada sebagian besar, jengkol di lahan miliknya sedang berbunga. Hanya beberapa batang saja yang siap panen. 

‘’Nasib petani jengkol beginilah, ketika lagi banyak panen harga jual murah. Panen sedikit, hanya cukup lumayan bersahabat,’’ katanya. 

Seperti sedianya, jengkol yang ia panen dijualkan kepada pengumpul. Panen pada pekan kemarin, kata Oskar, ia menjual jengkol kulit yang sudah tua kepada pengumpul seharga Rp10 ribu per kilogram. 

‘’Saya tidak jual jengkol muda, yang saya panen hanya jengkol tua saya. Satu kilo jengkol kulit saya jual ke tauke seharga Rp10 ribu,’’ ujarnya. 

Ia mengakui, sudah dua bulan terakhir harga jengkol terus mengalami kenaikan. 

‘’Mulanya hanya Rp7 ribu sekilo, alhamdulillah sekarang sudah naik. Semoga saja harga jengkol ini terus naik, pas pada waktunya jengkol di ladang saya lagi banyak panen,’’ ujar Oskar. 

BACA JUGA:Makna Bagadang dalam Menyambut acara Perkawinan di Bumi Sriwijaya

BACA JUGA:Begini Perlakuan Polisi Kepada Pegi Setiawan Selama 49 Hari Ditahan Sebagai Tsk

Kategori :