Wismen Tegaskan Belum Ada Parpol Yang Memberi Mandat Untuk Calon Bupati Mukomuko

Sabtu 13-07-2024,09:00 WIB
Reporter : Amris
Editor : Amris

RMONLINE.ID - Belakangan ini, para bakal Calon Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu mulai saling klaim sudah mendapat dukungan dari beberapa Partai politik (Parpol) untuk syarat mendaftar ke KPU pada agustus nanti.

Terkait hal ini, salah seorang kandidat kuat, Wismen A Razak menergaskan belum ada Parpol yang pasti memberi dukungan kepada salah satu bakal calon Bupati Mukomuko. 

Umumnya dan kemungkinan parpol baru memastikan calon yang diusung dan akan mengeluarkan mandat minggu terakhir menjelang pendaftaran ke KPU agustus nanti.

BACA JUGA:Peristiwa Wisatawan Korban Terseret Arus di Pantai Parangtritis Bersamaan dengan Kejadian di Mukomuko

BACA JUGA:Final! Ini Sosok Calon Wakil Bupati Yang Dipilih Edwar Setiawan Untuk Pilbup Mukomuko

Jikapun ada surat yang diberikan Parpol hanya berupa rekomendasi sementara bukan mandat berupa B-KWK yang bisa digunakan untuk mendaftar ke KPU.

"Kalau ada yang ngaku-ngaku biarkan saja, satuhal perlu diketahui belum ada parpol yang memastikan dukungannya ke calon mana sampai hari ini," kata Wismen.

Satu parpol bisa memberi surat rekom kepada beberapa nama calon. Surat rekom ini diberikan parpol untuk digunakan calon mecari partai koalisi, karena jarang ada parpol yang bisa mengusung calon sendiri, harus koalisi dengan Parpol lain.

Sebab sebelum mengeluarkan surat mandat berupa B-KWK untuk dibawa ke KPU, Partai politik ingin memastikan partai mana yang akan menjadi koalisinya dan cukup syarat apa tidak.

Pengurus Parpol tidak ingin memberi mandat dan akhirnya calon yang didukung tidak bisa mencari partai koalisi, akhirnya syarat 20 persen dukungan dewan tidak terpenuhi.

BACA JUGA:Pertegas Zonasi, Jangan Ada Sekolah Terima Murid Melebihi Kapasitas

BACA JUGA:Rembuk Stunting 2024, TPPS Mukomuko Komitmen Turunkan Kasus Stunting

"Parpol sama-sama menunggu, koalisinya partai mana saja. Setelah ada kepastian, baru dikeluarkan surat mandat untuk syarat. Kalau rekomendasi seperti yang dipegang calon saat ini, itu belum pasti dan semua punya," tegas Wismen.

Terkait dengan dirinya sendiri, partai politik mana saja yang bakal menjadi pengusung?, Wismen mengaku setidaknya ada tiga Parpol dengan total 7 kursi dewan yang sudah intens berkomunikasi.

Sekarang ia sedang mempersiapkan calon wakil, karena selain harus memastikan partai koalisi, juga calon wakil harus diputuskan, sebab dalam surat mandat parpol nanti, tertulis nama bupati dan wakil.

Kategori :