Orang Tua wajib Tau! 7 Tanda Psikologis Anak Sudah Siap Masuk Sekolah

Jumat 12-07-2024,09:30 WIB
Reporter : Anwar
Editor : Ahmad Kartubi

BACA JUGA:Toren Air Anda Banyak lumut Bersihkan dengan Bahan Dapur Ini, Dijamin Lenyap Seketika!

BACA JUGA:Bikin Porsi Makan Meningkat, Inilah Resep dan Cara Membuat Sop Ikan Batam

5. Memiliki Kemampuan Motorik Halus yang Baik

Kemampuan ini penting untuk menunjang proses belajar di sekolah. Anak yang siap sekolah memiliki kontrol yang baik atas gerakan tangannya, seperti memegang pensil, menggunting, mewarnai, dan menulis dengan rapi.

6. Antusias dan Ingin Tahu terhadap Belajar

Anak yang siap sekolah menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi dan antusias terhadap proses belajar. Mereka senang mencoba hal-hal baru, fokus dalam mengerjakan tugas, dan memiliki motivasi untuk belajar.

7. Siap Berpisah dengan Orang Tua

Meskipun wajar merasa cemas, anak yang siap sekolah tidak menunjukkan ketakutan berlebihan saat berpisah dengan orang tua. Mereka menunjukkan rasa percaya diri dan kemandirian dalam menghadapi lingkungan baru dan mampu beradaptasi dengan baik.

Masih banyak orang tua yang beranggapan bahwa usia menjadi penentu utama kesiapan sekolah anak. Namun, faktanya, kesiapan psikologis jauh lebih penting dalam memastikan kelancaran transisi anak dan kesuksesan mereka di sekolah.

Dengan memahami 7 tanda psikologis di atas, orang tua dapat membantu anak-anak mereka untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik sebelum memasuki dunia pendidikan formal. Ingatlah bahwa setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda, dan orang tua perlu selalu memberikan dukungan dan bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan anak mereka.*

Kategori :