Tembok Laut BWS Sumatera VII Bengkulu di Mukomuko Tergerus, Warga: Benahi Sebelum Parah!

Senin 10-06-2024,17:16 WIB
Reporter : Ibnu Rusdi
Editor : Ibnu Rusdi

MUKOMUKO, RMONLINE.ID – Bangunan tembok laut atau sea wall di kawasan Pantau Punggur, Kecamatan Air Dikit, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu mengalami kerusakan. Tergerus karena hantaman gelombang pasang dengan ketinggian mencapai 4 meter beberapa waktu lalu. 

Tembok laut, struktur pengaman pantai dari ancaman gelombang laut di bangun oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Bengkulu sekitar tahun 2018. 

Warga berharap, bagian bangunan yang mengalami kerusakan ini segera mendapat tanggapan dari pemerintah untuk segera dilakukan perbaikan. 

BACA JUGA:Gas Elpiji Subsidi Jatah Mukomuko 5 Ribu Metrik Ton, Pengiriman dari Pertamina Melalui 2 Agen Resmi

BACA JUGA:5 Kandidat Kuat Calon Bupati Mukomuko Yang Berpeluang Maju Pilkada

‘’Untuk kondisi saat ini, kerusakan bangunan titik terparah sekitar 6 meter dan lebar berkisar 2 meter. Ada baiknya segera dibenahi. Lebih cepat lebih baik sebelum meluas,’’ kata Yantoni, warga Desa Air Dikit. 

Dikatakan Yantoni, bangunan tembok laut penahan abrasi pantai di kawasan Pantai Punggur hingga ke kawasan wilayah administrasi Desa Air Dikit lebih kurang 2 kilometer. 

Dampak garangnya hempasan gelombang laut di sepanjang pantai ini, diakuinya banyak bangunan yang mengalami kerusakan. 

BACA JUGA:Kemenag Usulkan Bantuan Seragam Sekolah Siswa Madrasah ke Pemkab Mukomuko

BACA JUGA:Cabai Mahal, Wakil Bupati dan TPID Mukomuko Sidak Harga Komoditi Pangan di Pasar Pulai Payung

‘’Ada beberapa titik bangunan yang telah mengalami kerusakan. Namun belum begitu parah. Jika dibiarkan tanpa adanya pemeliharaan, berkemungkinan kerusakan bangunan itu makin bertambah parah,’’ ujarnya. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, selain pengamanan pantai, bangunan sea wall atau tembok laut di kawasan ini juga bagian dari pengamanan ruas jalan nasional Bengkulu – Padang. *

Kategori :