Cara ketiga yang dilakukan dalam meriset pasar adalah dengan melakukan representasi tipe pelanggan dalam sebuah bisnis.
BACA JUGA:Daftar KUR Mandiri 2024 Yang Mudah Diajukan Pinjaman Oleh UMKM
BACA JUGA:Mengungkap Pesona Gelap: Ketika Ketakutan Menjadi Daya Tarik Film Horor Indonesia
Kalian dapat melakukan identifikasi buyer persona secara perilaku, wilayah, maupun kepribadiannya.
Dengan adanya identifikasi tipe pelanggan kalian akan dapat melihat kesimpulan dan hasil analisis yang akurat.
Mengenali dan Memahami Kompetitor
Riset pasar bukan hanya dilakukan terhadap target pasar, melainkan juga dengan kompetitor.
Kalian bisa mulai melakukan riset terhadap kompetitor yang memiliki produk yang sama dengan produk atau jasa yang kalian tawarkan.
Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan performa dan juga meningkatkan strategi pemasaran sehingga produk kalian lebih dikenal dibandingkan dengan kompetitor.
Mengumpulkan Data
Lakukan riset dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber yang terpercaya dan juga relevan dengan produk dan jenis usaha yang dimiliki.
Melalui data kita dapat melihat bukti nyata yang terjadi dilapangan bukan sekedar bualan kata.
Proses Analisis
Terakahir lakukan analisis dari data yang di peroleh untuk kemudian di interpretasikan sehingga dapat diambil keputusan untuk langkah yang dapat di ambil kedepannya.
Itulah cara meriset pasar dengan tepat dan benar dalam menjalani bisnis. Semoga bermanfaat.*