RADARMUKOMUKO.COM – Melakukan riset pasar merupakan langkah awal dalam membuka dan menjalani bisnis.
Riset pasar sendiri merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan untuk membangun strategi marketing untuk membuat produk dan jasa yang di tawarkan dapat dilihat oleh target secara efektif.
Riset dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang ada di lapangan sebagai ide untuk melakukan pemasaran serta memilih produk yang akan ditawarkan sesuai kebutuhan masyarakat.
BACA JUGA:Dolar AS Tembus Rp 16000, Rupiah Anjlok Mirip Kondisi Tahun 1998, Ada Apa ?
BACA JUGA:Pinjaman KUR BSI Bisa Rp 10 Juta Hingga Rp 500 Juta, Syaratnya Semudah Ini
Dalam melakukan riset pasar terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan dengan tepat agar usaha yang dibangun berhasil.
Berikut ini cara-cara melakukan riset pasar dengan tepat dan benar.
Menentukan Target dan Tujuan Riset
Pertama riset pasar dilakukan dengan melihat dan mencari data terkait produk ataupun jasa yang dibutuhkan masyarakat.
Memiliki data-data terkait kebutuhan masyarakat dapat menjadi patokan dan ide untuk memulai usaha sehingga dapat di manfaatkan oleh masyarakat.
Tentukan target dan tujuan pada saat meriset pasar sebagai contoh ingin melihat masyarakat lebih suka belanja secara online atau offline.
Pilih Jenis dan Metode Riset
Cara kedua setelah menentukan target dan tujuan riset, gunakanlah metode dan jenis riset yang sesuai dengan tujuan.
Terdapat beberapa jenis riset sesuai dengan tujuan yang berbeda-beda. Beberapa jenis riset yaitu ingin mengetahui segmen pasar, riset harga pasar, kepuasan pelanggan dan lainnya.
Melakukan Representasi Tipe Pelanggan