Tes CPNS dan PPPK 2024 Segera Buka, Ini Informasi Terbarunya

Senin 08-01-2024,09:00 WIB
Reporter : Amris
Editor : Amris

RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah kembali menggelar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini 2024.

Total rekrutmen Aparatur Sipil Negara pada 2024 direncanakan cukup banyak yaitu, mencapai 2,3 juta formasi.

Instansi pusat mendapat formasi kebutuhan sebanyak 429.183 yang terdiri dari CPNS dan PPPK. Dimana 207.247 CPNS danPPPK sebanyak 221.936 yang merupakan gabungan dari guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

BACA JUGA:Sapi Lepas Liar Kembali Makan Korban, Pengendara Motor Meninggal

Sementara untuk instansi daerah mencapai 1.867.333 yang terdiri dari 483.575 CPNS dan 1.383.758 PPPK. Alokasi untuk sekolah kedinasan sebesar 6.027 formasi.

Pihak MenPAN-RB telah mengumumkan rencana pembukaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk tahun ini. Seleksi CPNS 2024 kemungkinan baru akan dibuka pada bulan Maret atau April.

Juga berdasarkan keterangan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, prioritas utama adalah tenaga guru dan kesehatan dalam seleksi CPNS.

Bagi warga yang menunggu jadwal penerimaan bisa dipantau di laman resmi BKN di bkn.go.id. Juga bisa dipantau melalui akun media sosial BKN yaitu @bkngoidofficial.

Pada pengumuman pembukaan seleksi CASN 2024 disampaikan pula formasi CPNS dan PKKK yang dibutuhkan di tahun ini. 

BACA JUGA:Hadiri Ulang Tahun Baraya Sunda, Bupati Mukomuko Ajak Masyarakat Senantiasa Jaga Persatuan

Rencana tes ini, bakal ada prioritas honorer dan formasi bagi fresh graduate. Fresh graduate diberi kesempatan mengikuti seleksi untuk menjadi dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis seperti talenta digital, dan banyak sektor lainnya.

Yang pasti penerimaan ASN untuk menyelesaikan permasalahan terkait tenaga non-ASN di instansi pemerintah sesuai dengan UU No. 20/2023 tentang ASN.

Dilansir dari berbagai sumber, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka lowongan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN/CPNS) dengan total formasi 2,3 juta di tahun ini. 

Di mana, dari jumlah tersebut 690 ribu dikhususkan untuk lulusan baru atau fresh graduate.

BACA JUGA:Ini Dia Resep Acar Timun Wortel Kuning, yang Enak dan Menyegarkan, Dijamin Nagih dan Keluarga Pasti Suka

Kategori :