Mitos Asal Usul Tuyul, dari Janin Hingga Roh Orang Meninggal

Sabtu 15-07-2023,08:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi RM
Editor : Amris

RADARMUKOMUKO.COM - Pasti semua orang pernah mendengar kata tuyul dan bahkan sering orang yang merasa kehilangan uang atau jumlah uangnya berkurang saat disimpan, menuduh pelakunya tuyul.

Dilansir dari wikipedia, Tuyul dalam mitologi pulau Jawa dan sekitarnya, adalah makhluk halus berwujud orang kerdil atau anak kecil dengan kepala gundul. Tuyul dipercaya dapat mencuri uang untuk tuannya.

Mitos mengenai setan gundul pencuri uang sudah ada sejak tahun 1890-an, namun istilah tuyul baru muncul sekitar tahun 1929 setelah krisis ekonomi Depresi Besar.

Tuyul merupakan fakta yang banyak dipelajari oleh sejarawan karena masih dipercaya oleh masyarakat modern sampai sekarang.

BACA JUGA:Misteri Kota Gaib Saranjana di Kalimantan Dikenal Sangat Maju Ada Dalam Sejarah, Tapi Tak Bisa Dilihat

Sejarawan berpendapat bahwa awalnya tuyul muncul akibat kesenjangan sosial antara kalangan masyarakat yang agraris dengan tuan tanah dan pedagang. 

Bantuan makhlus halus dianggap sebagai cara paling mudah untuk menjelaskan segala urusan perniagaan yang semakin rumit bagi rakyat di perdesaan yang masih tradisional.

Terkait mitos asal usul tuyul sendiri cukup beragam, ada yang mengatakan sosok tuyul yang berasal dari janin manusia. Namun ini banyak diragukan.

Juga ada pula mitos yang menyebut jika asal-usul tuyul berawal dari air mani yang dibuang di kamar mandi.

Pun ada yang berpendapat tuyul berasal dari roh manusia meninggal yang migrasi ke alam jin.

BACA JUGA:Misteri Gunung Bromo, Disucikan Suku Tengger, Pusat Kerajaan Gaib

Beberapa pakar supranatural menyebut tuyul berasal dari janin bayi hasil menggugurkan kandungan.

Selanjutnya mengutip Kisah Tanah Jawa, dalam masyarakat Jawa, bayi hasil aborsi dikenal dengan sebutan bayi ambar atau bayi bajang.

Bayi ambar memiliki ciri-ciri fisik yang sama dengan tuyul, yaitu memiliki tubuh seperti janin tetapi wajahnya tua dan kepalanya besar.

Menurut mitos, bayi ambar akan terus mencari orang tuanya untuk bertanya mengapa mereka digugurkan.

Kategori :