Tingkatkan SDM, Lubuk Selandak Adakan Pelatihan

Selasa 01-11-2022,10:00 WIB
Editor : Radar Mukomuko

RADARMUKOMUKO.COM - Pemerintah Desa Lubuk Selandak, Kecamatan Teramang Jaya melaksanakan pelatihan perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Lembang Kemasyarakatan Desa (LKD). Acara bertempat di kantor desa setempat, pagi ini, Selasa (1/11). Ada 3 narasumber, yang dijadwalkan. Camat Teramang Jaya, Abdul Hadi, S.Sos, Asisten I Setdakab, Dr.Abdiyanto, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Haryanto, SKM. Sebagaimana disampaikan oleh Sekdes Lubuk Selandak, Yuza, S.Pd, kemarin. 

''Rencananya besok (Hari Ini, red) kami akan melaksanakan pelatihan,'' ujar Yuza, saat dihubungi via pesan WhatsApp. 

Salah satu tujuannya adalah memberikan pemahaman atas tugas dan kewajibannya lembaga-lembaga yang ada di desa. Termasuk perangkat desa dan Kades. Setelah paham atas tugas dan kewajibannya, diharapkan lebih fokus dengan pekerjaan masing-masing. Dalam jangka panjang, Lubuk Selandak, bisa sejajar dengan desa lain, bahkan kalau bisa, lebih baik. Ia menyadari bahwa, Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu kunci kemajuan desa. 

''Kemajuan satu desa, kebupaten bahkan negara, ditentukan oleh SDM yang ada,'' tambahnya. 

Camat Teramang Jaya, Abdul Hadi, S.Sos, mengatakan setiap perangkat desa dan lembaga harus menguasai tugasnya masing-masing. Selama ini masih banyak perangkat desa 'nganggur' dan pekerjaan menumpuk pada satu atau 2 orang saja. Hal itu disebabkan ketidaktahuan perangkat yang bersangkutan. Selain itu, juga sering terjadi kerja kebut semalam, saat akan ada pemeriksaan. Budaya kerja yang demikian, harus diperbaiki. Pelatihan merupakan salah satu prosesnya. 

''Masing-masing lembaga sudah ada tugasnya. Kadang mereka tidak menguasainya. Ini pentingnya mengadakan pelatihan. Agar mereka paham atas apa yang harus dikerjakan,'' demikian Abdul Hadi.(dul)

Kategori :