SMKN 3 Mukomuko Terapkan 4 Pilar Kebangsaan Membangun Karakter Siswa

Senin 01-08-2022,11:00 WIB
Editor : Radar Mukomuko

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.com - SMKN 03 Mukomuko yang beralamat di Desa Lubuk Sanai, Kecamatan XIV Koto. Termasuk sekolah yang paling banyak diminati oleh  siswa dan siswi. SMKN merupakan sekolah kejuruan yang siap kerja.

Selain dari pelajaran umum, banyak kegiatan ekstra kurikuler. Seperti Pengembangan Karakter Siswa (PKS). SMKN 3 memiliki lima jurusan yakni : teknik komputer, tata busana, multimedia, tata boga , akuntansi dan keuangan lembaga. 

Sekarang,  multimedia dan tata busanalah  paling banyak siswanya. Karena jurusan ini merupakan jurusan yang banyak dibutuhkan didunia kerja. 

Pengembangan karakter siswa sudah diterapkan selama 2 tahun sejak kurikulum k-13.  Pola seperti ini, merupakan  ciri khas SMKN 03. Merubah karakter anak-anak yang masuk kategori susah untuk dibina. 

Hal hasil karakter anak berkembang pesat kearah yang lebih baik. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu .  

Kepala sekolah SMKN 3, Drs. Ardi, M.Pd melalui wakil kurikulum sekolah Riko Saputra, S.Kom membenarkan, bahwa setiap hari Sabtu mereka melakukan kegiatan bagian dari ekstrakurikuler yaitu pengembangan karakter anak. 

“Iya, kami di SMKN 03 ini menerapkan kegiatan ekstra disetiap hari Sabtu yaitu pengembangan karakter anak oleh guru, dilakukan secara bergantian antar kelas. “ kata Riko. 

Sebanyak 714 siswa yang belajar disekolah ini juga rutin mengikuti kegiatan ekstra.  Diantaranya,  olah raga voli dan sepak bola, pramuka, palang merah remaja (PMR) karate, PIKR, Paskibraka, 4 pilar kebangsaan, english club, seni tari dan teater. 

Desmi Susilawati, S.Kom guru pembina pramuka mengatakan, bahwa siswa – siswi disekolahnya selalu aktif dibidang ektrakulikuler. 

“Siswa –siswi kami selalu aktif dibidang ektra kulikuler, seperti pramuka palang merah remaja (PMR) karate, PIKR, Paskibraka, 4 pilar kebangsaan, english club, seni tari dan teater dan lainnya. “ ucap desmi. (minda)

 

Kategori :