Pemkab Mukomuko Respon Positif Rencana Investor Bangun Pelabuhan

Selasa 24-11-2020,10:07 WIB
Reporter : Radar Mukomuko
Editor : Radar Mukomuko

MUKOMUKO – Plt. Bupati Mukomuko, Haidir, SIP respon positif dan mendukung rencana pembangunan pelabuhan angkutan Crude Palm Oil (CPO) di kawasan Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko.

Hal ini disampaikan Haidir usai menjamu investor dari PT Mukomuko Agro Industri Terminal dalam kegiatan sosialisasi rencana pembangunan pelabuhan CPO di ruang kerjanya, Senin (16/11/2020).

Menurut Haidir, pembangunan pelabuhan CPO dinilai dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Lebih lagi masyarakat Kabupaten Mukomuko pada umumnya bergerak disektor perkebunan kelapa sawit. Dengan adanya pelabuhan, harga jual TBS masyarakat relatif lebih tinggi dan diperkirakan mampu bersaing dengan daerah lain.

“Kita sangat mendukung pembangunan pelabuhan CPO di daerah ini. Adanya pelabuhan, bisa menjadi peluang lapangan pekerjaan baru. Kemudian, kita yakin adanya pelabuhan ekonomi masyarakat akan tumbuh,’’ ungkap Haidir.

Direktur PT Mukomuko Agro Industri Terminal, Ir. Hulman Gagarin Panjaitan menjelaskan, rencana pembangunan pelabuhan CPO bakal dimulai Maret 2021 mendatang. Seiring dengan rencana itu, pihaknya terlebihdahulu mempersiapkan perizinan yang dibutuhkan.

 ‘’Rencananya, pada Maret 2021 sudah mulai tahapan pematangan lahan. Progres pembangunan ditargetkan butuh waktu sekitar 24 bulan. Sementara ini, kami sedang mengurus perizinannya,’’ imbuhnya.

Seiring dengan pengurusan izin, pihaknya juga telah melakukan peninjauan lokasi pembangunan pelabuhan. Selain itu, juga telah melakukan sondir lahan sekitar, hingga pengkuran kedalaman laut.

‘’Dari hasil sondir yang dilakukan, kawasan itu sangat cocok untuk lokasi pembangunan pelabuhan,’’ pungkasnya. (nek/prw/kominfo)

Tags :
Kategori :

Terkait