Tubuh Mudah Berkeringat? Tanda Kondisi Hiperhidrosis dan Ini Penyebabnya

Tubuh Mudah Berkeringat? Tanda Kondisi Hiperhidrosis dan Ini Penyebabnya

Tubuh Mudah Berkeringat? Tanda Kondisi Hiperhidrosis dan Ini Penyebabnya--Sumber Foto : Pexels

RMONLINE.ID - Hiperhidrosis, sebuah kondisi yang ditandai dengan produksi keringat berlebihan, dapat sangat mengganggu kualitas hidup penderitanya. 

Meskipun berkeringat merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengatur suhu, pada penderita hiperhidrosis, proses ini menjadi tidak terkendali. 

Hiperhidrosis dapat dikategorikan menjadi dua jenis utama: primer dan sekunder. Masing-masing memiliki penyebab yang berbeda:

1. Hiperhidrosis Primer

Hiperhidrosis primer, juga dikenal sebagai hiperhidrosis fokal atau esensial, adalah jenis yang paling umum. 

BACA JUGA:3 Manfaat Tersembunyi Dibalik Air Cucian Beras untuk Kesehatan

BACA JUGA:Bersin Terus Menerus Bikin Tidak Enak! Ternyata Ini Penyebabnya

Penyebabnya belum sepenuhnya dipahami, namun beberapa faktor yang diduga berperan antara lain:

• Genetik: Penelitian menunjukkan bahwa hiperhidrosis primer dapat diturunkan dalam keluarga. Sekitar 30-50% penderita memiliki riwayat keluarga dengan kondisi serupa.

• Hiperaktivitas Saraf Simpatis: Sistem saraf simpatis, yang mengontrol produksi keringat, mungkin terlalu aktif pada penderita hiperhidrosis primer.

• Ketidakseimbangan Hormonal: Fluktuasi hormon, terutama selama masa pubertas atau kehamilan, dapat memicu hiperhidrosis.

2. Hiperhidrosis Sekunder

Hiperhidrosis sekunder terjadi sebagai akibat dari kondisi medis lain atau efek samping pengobatan. Beberapa penyebabnya meliputi:

• Kondisi Medis: Beberapa penyakit seperti diabetes, hipertiroidisme, penyakit jantung, dan gangguan sistem saraf dapat menyebabkan keringat berlebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: