Pakar Ungkap Bahaya Sering Mandi Malam, Bisa Picu ‘Paru-Paru Basah’?

Pakar Ungkap Bahaya Sering Mandi Malam, Bisa Picu ‘Paru-Paru Basah’?

Pakar Ungkap Bahaya Sering Mandi Malam, Bisa Picu ‘Paru-Paru Basah’?--Sumber Foto : Pexels

RMONLINE.ID - Mandi malam sering dianggap sebagai penyebab penyakit "paru-paru basah," namun anggapan ini sebenarnya hanyalah mitos. 

Menurut pakar kesehatan, penyakit paru-paru basah sebenarnya merujuk pada kondisi medis yang disebut efusi pleura, di mana terjadi penumpukan cairan di sekitar paru-paru. 

Kondisi ini bukanlah akibat dari kebiasaan mandi malam, melainkan disebabkan oleh berbagai faktor lain seperti infeksi bakteri, virus, atau penyakit jantung.

BACA JUGA:Merasa Bosan dan Jenuh? Begini Tips dan Trik Mengatasinya, Mulai Rubah Kebiasaan Hingga Temukan Hal Baru

BACA JUGA:Berbagai Manfaat Keong Sawah Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Penyakit seperti pneumonia, yang sering dikaitkan dengan istilah paru-paru basah, juga tidak disebabkan oleh mandi malam. Pneumonia terjadi karena infeksi mikroorganisme seperti bakteri, virus, atau jamur yang menyerang jaringan paru-paru. 

Jadi, mandi malam tidak berhubungan dengan pneumonia atau gangguan pernapasan lainnya. Hal ini menepis ketakutan bahwa mandi malam dapat memicu penyakit serius pada paru-paru.

Sebaliknya, mandi malam, terutama dengan air hangat, bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa mandi sebelum tidur, terutama dengan air hangat, dapat membantu tubuh lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur. 

BACA JUGA:Keindahan Alam Pulau Senggigi, Bukti Keindahan Alam Indonesia yang Menakjubkan

BACA JUGA:Makanan Khas Indonesia Timur, Cobain Resep Daging Belacang Khas Nusa Tenggara Timur yang Sederhana

Menurut Sleep Foundation, mandi dengan air hangat dapat mengirimkan sinyal ke otak bahwa sudah waktunya untuk beristirahat, yang membuat tubuh dan pikiran lebih siap untuk tidur nyenyak.

Mandi malam juga membantu menjaga kebersihan tubuh, menghilangkan keringat, kotoran, dan minyak yang menumpuk sepanjang hari

Namun, tetap disarankan agar tidak terlalu sering mandi malam, terutama dengan air dingin. Terpapar air dingin pada malam hari bisa menyebabkan penurunan suhu tubuh yang tiba-tiba, yang mungkin memicu rasa tidak nyaman atau bahkan kedinginan. 

Jika kamu tetap memilih untuk mandi malam, lebih baik gunakan air hangat untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: