Mengenal Gangguan Narcissistic Personality Disorder (NPD), Penyebab Hingga Gejalanya

Mengenal Gangguan Narcissistic Personality Disorder (NPD), Penyebab Hingga Gejalanya

Mengenal Gangguan Narcissistic Personality Disorder (NPD), Penyebab Hingga Gejalanya--Sumber Foto : Pexels

1. Faktor Genetik

Beberapa penelitian menunjukkan adanya komponen genetik dalam NPD, meskipun gen spesifik yang terlibat belum diidentifikasi.

2. Neurobiology

Perbedaan dalam struktur dan fungsi otak, terutama di area yang terkait dengan regulasi emosi dan empati, mungkin berperan dalam perkembangan NPD.

3. Pengalaman Masa Kecil

Pola asuh yang tidak konsisten, terlalu memanjakan, atau sebaliknya, sangat kritis dan abusif, dapat berkontribusi pada perkembangan ciri-ciri narsisistik.

4. Trauma Psikologis

Pengalaman traumatis pada masa kanak-kanak, seperti pengabaian emosional atau pelecehan, dapat memicu perkembangan NPD sebagai mekanisme pertahanan.

5. Faktor Sosiokultural

Nilai-nilai budaya yang menekankan individualisme, kesuksesan, dan citra diri yang positif dapat mempengaruhi perkembangan sifat-sifat narsisistik.

6. Pembelajaran Sosial

Anak-anak mungkin mengembangkan sifat-sifat narsisistik dengan meniru perilaku orang tua atau figur otoritas lainnya yang menunjukkan karakteristik serupa.

7. Kegagalan dalam Perkembangan

Beberapa teori menyatakan bahwa NPD dapat timbul dari kegagalan dalam mencapai tahap perkembangan psikologis yang sehat selama masa kanak-kanak.

NPD dapat memiliki dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan individu, termasuk hubungan personal, karir, dan kesehatan mental secara keseluruhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: