5 Jenis Makanan yang Bisa Buat Kamu Berumur Panjang, Sudah Terbukti Secara Ilmiah

5 Jenis Makanan yang Bisa Buat Kamu Berumur Panjang, Sudah Terbukti Secara Ilmiah

5 Jenis Makanan yang Bisa Buat Kamu Berumur Panjang, Sudah Terbukti Secara Ilmiah--Foto : Pexels

RMONLINE.ID - Menikmati berbagai jenis makanan setiap hari merupakan hal yang menyenangkan. Namun, kita juga perlu memikirkan jenis makanan apa yang masuk ke dalam tubuh kita.

Karena, saat ini banyak sekali jenis makanan yang lezat namun belum tentu memiliki khasiat dan juga manfaat bagi tubuh.

Menerapkan pola hidup yang sehat merupakan salah satu kunci penting guna mendapatkan umur yang Panjang.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk memilih beberapa jenis makanan yang mampu memberikan nutrisi yang baik serta membuat tubuh lebih sehat dan berumur panjang.

Berikut adalah lima jenis makanan yang terbukti secara ilmiah dapat membantu kamu hidup lebih lama dan sehat:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan pistachio merupakan sumber nutrisi yang kaya akan lemak sehat, serat, dan antioksidan.

BACA JUGA:Tak Banyak yang Tahu! Inilah Berbagai Manfaat Buah Persik Bagi Kesehatan

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Mata Kalian! Inilah Makanan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Mata Selain Wortel

Studi dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa konsumsi rutin kacang-kacangan dapat menurunkan risiko kematian dini.

Misalnya, penelitian di Australia, Jepang, dan beberapa negara Eropa menunjukkan bahwa mengonsumsi 20 gram kacang setiap hari dapat mengurangi risiko kematian hingga 7-8%.

Kacang juga memiliki asam lemak butirat yang melindungi tubuh dari pertumbuhan kanker.

2. Gandum Utuh

Gandum utuh adalah sumber serat yang sangat baik, dan banyak penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi serat berkontribusi pada umur panjang.

Menurut studi yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine, setiap tambahan 1 ons porsi biji-bijian utuh dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 9%.

Serat dalam gandum utuh juga membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol, yang berkontribusi pada kesehatan jantung dan pencegahan penyakit kronis.

3. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, tuna, dan sarden kaya akan omega-3, yang telah terbukti secara ilmiah memiliki berbagai manfaat kesehatan.

BACA JUGA:Si Hitam Manis! Inilah Berbagai Manfaat Buah Blackberry Bagi Kesehatan

BACA JUGA:5 Temuan Asal Indonesia yang Berhasil Mengubah Dunia

Omega-3 membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan penyebab utama banyak penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer.

Penelitian dari Ohio State University menunjukkan bahwa asupan rutin omega-3 dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit-penyakit ini.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan penuh dengan serat serta antioksidan.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi rutin sayuran hijau dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Misalnya, sebuah studi dari Vanderbilt University menemukan bahwa wanita penderita kanker payudara yang mengonsumsi sayuran hijau secara teratur memiliki risiko kematian dan kekambuhan kanker yang lebih rendah.

BACA JUGA:Pada Usia Berapa Anak Boleh Dikenalkan dengan Skincare?

BACA JUGA:5 Tanda Kamu Tidak Pernah Dianggap Penting dalam Circle Pertemanan, Berhati-Hatilah

5. Buah Beri

Buah-buahan beri seperti blueberry, stroberi, dan raspberry kaya akan antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari penyakit kronis.

Sebuah studi dari Harvard University menemukan bahwa konsumsi rutin blueberry atau stroberi dapat mengurangi risiko penurunan kognitif pada orang tua.

Antioksidan dalam buah beri juga membantu melawan peradangan dan melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: