Mengulas Singkat Manfaat Daun Jati Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Mengulas Singkat Manfaat Daun Jati Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Mengulas Singkat Manfaat Daun Jati Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RMONLINE.ID - Daun jati, yang berasal dari pohon jati (Tectona grandis), telah lama dikenal dalam pengobatan tradisional di berbagai belahan dunia. 

Meskipun pohon jati terutama dihargai karena kayunya yang berkualitas tinggi, daunnya juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang menarik untuk dieksplorasi. 

Mari kita telusuri beberapa khasiat daun jati yang telah diakui secara tradisional dan mulai mendapat perhatian dalam penelitian modern.

Mengatasi Asma

Daun jati memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pernapasan. Ekstrak daun jati telah menunjukkan potensi dalam melebarkan bronkus, yang dapat membantu meringankan gejala asma seperti sesak napas dan mengi. 

BACA JUGA:Kesegaran yang Menyehatkan! Begini Resep dan Cara Membuat Es Kelapa Alpukat

BACA JUGA:Inovasi Kelezatan Kuliner Nusantara, Begini Resep dan Cara Membuat Tekwan Goreng

Meskipun demikian, penggunaannya sebagai pengobatan asma masih memerlukan penelitian lebih lanjut dan harus dilakukan di bawah pengawasan medis.

Menjaga Kesehatan Kulit

Daun jati kaya akan antioksidan yang dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

Penggunaan topikal ekstrak daun jati dalam bentuk masker atau lotion dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, memperlambat tanda-tanda penuaan, dan membantu menjaga elastisitas kulit. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan potensi daun jati dalam mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi peradangan kulit.

Membantu Mengeluarkan Toksin dalam Tubuh

Daun jati memiliki sifat diuretik, yang berarti dapat meningkatkan produksi dan pengeluaran urin. Efek ini dapat membantu membersihkan sistem urinari, mengeluarkan toksin dari tubuh, dan potensial membantu menurunkan tekanan darah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: